Kompas.com - 30/08/2022, 15:01 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.comYamaha meluncurkan motor naked terbaru bernama Fazer FZ15 model 2023 di Brazil. Melihat tampilannya, motor ini cocok jadi penerus Yamaha Byson yang sudah lama hadir tanpa pembaruan di Tanah Air.

Yamaha FZ15 hadir dengan desain berotot dan agresif. Di depan, tampilannya seperti Byson yang mengusung desain street fighter. Sementara belakang, ada sedikit kemiripan dengan Vixion R.

Dengan setang tinggi di atas segitiga, sekilas motor ini tampak nyaman bagi pengendaranya. Jok model tandemnya dan behel yang tersedia di belakang, juga bakal memberikan kenyamanan lebih baik bagi penumpang.

Baca juga: 5 Wilayah di Indonesia yang Paling Sepi Kendaraan Bermotor

Yamaha Fazer FZ15 2022Dok. Yamaha Yamaha Fazer FZ15 2022

Disitat dari Motonewsworld (30/8/2022), FZ15 dibekali dengan mesin satu silinder berkapasitas 149 cc berpendingin udara, SOHC, 2 katup, yang mampu menghasilkan tenaga maksimum hingga 12,4 tk (dengan Etanol) pada 7.500 rpm, dan torsi 13 Nm pada 5.500 rpm.

Di Brazil, Yamaha melengkapi Fazer FZ15 ABS baru dengan mesin yang sama dengan Factor 150 dan Fazer 150.

Mesin ini mengutamakan keandalan dan konsumsi BBM dengan teknologi BlueFlex (dapat menggunakan bensin dan Etanol dalam proporsi berapa pun) dan memiliki sistem pengabutan bahan bakar injeksi.

Baca juga: 95 Persen Mobil Mewah Terdaftar atas Nama Perusahaan

FZ15 dibekali sasis berbentuk berlian, sokbreker depan teleskopik berdiameter 41 mm, dan suspensi belakang Monocross.

Beranjak ke kaki-kaki, FZ15 dilengkapi dengan pelek aluminium 17 inci, dan ban yang cukup lebar untuk model 150 cc, yakni 100/80-17 di depan dan 140/60-17 di belakang.

FZ15 juga dilengkapi dengan rem cakram di kedua roda (282 mm di depan dan 220 mm di belakang) dan rem ABS di roda depan, yang mencegah penguncian roda di jalan licin.

Baca juga: Harga Honda Jazz Bekas Lebih Mahal daripada Brio Baru

Yamaha Fazer FZ15 2022Dok. Yamaha Yamaha Fazer FZ15 2022

Selain itu, motor ini dilengkapi dengan panel LCD digital, lampu LED depan-belakang, termasuk indikator gigi, spidometer, takometer, level bahan bakar, dan odometer parsial dan total.

Kabarnya, Yamaha Fazer FZ15 versi 2023 ini hadir 3 pilihan, yaitu warna hitam, biru dan merah. Adapun soal harganya, motor ini dibanderol 16.990 Real Brazil atau setara Rp 50 jutaan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.