Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kebutuhan Motor Custom Wanita Berbeda dari Pria

Kompas.com - 05/08/2022, 11:42 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi



JAKARTA, KOMPAS.com –
Motor custom kini tidak hanya digunakan oleh para pria, wanita juga mulai melirik kendaraan roda dua ini. Kendati jumlah pegiat motor custom wanita belum sebanyak pria, tren ini terus berkembang di beberapa negara.

Jika membicarakan desain, motor custom memang dirancang mengikuti keinginan dan kebutuhan pemiliknya. Namun, motor custom untuk wanita akan berbeda dari motor custom pria.

Baca juga: Tantangan Desainer Bus Bikin Spion Kamera Tampak Menarik

Indra Pranajaya alias Indra Bluesman, builder Razzle Dazzle Chopper Works di Bandung, mengatakan, motor custom untuk wanita haruslah mengikuti standar kenyamanan berkendara para wanita.


“Otomatis motor custom untuk wanita yang paling utama masalah postur, tinggi, dan berat badan. Karena ini menentukan untuk posisi berkendara, ground clearance, dan handling,” kata Indra kepada Kompas.com, Rabu (3/4/2022).

Baca juga: Tantangan Desainer Bus Bikin Spion Kamera Tampak Menarik

Perbedaan yang paling mencolok antara wanita dan pria adalah postur tubuh. Maka dari itu, desain motor wanita dan pria berbeda satu sama lain. Wanita yang memakai motor custom untuk pria rentan mengalami kesulitan dalam berkendara.

Wendy Purnama dari W Bike Kustom memamerkan motor custom XSR 155 bertemakan Big Wheels Bike.Foto: Yamaha Wendy Purnama dari W Bike Kustom memamerkan motor custom XSR 155 bertemakan Big Wheels Bike.

Mulai dari motor yang terlalu berat, terlalu tinggi, hingga dudukan yang tidak nyaman. Maka dari itu, menurut Indra, sebisa mungkin motor custom untuk wanita dibuat khusus.

“Kenyamanan motor custom untuk wanita musti jadi bahan ajuan. Beda kalau hanya untuk muter-muter dalam kota, ketika luar kota faktor keamanan dan kenyamanan nomor satu untuk motor custom yang dikendarai oleh wanita,” kata Indra.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com