Kebutuhan Motor Custom Wanita Berbeda dari Pria

Kompas.com - 05/08/2022, 11:42 WIB



JAKARTA, KOMPAS.com –
Motor custom kini tidak hanya digunakan oleh para pria, wanita juga mulai melirik kendaraan roda dua ini. Kendati jumlah pegiat motor custom wanita belum sebanyak pria, tren ini terus berkembang di beberapa negara.

Jika membicarakan desain, motor custom memang dirancang mengikuti keinginan dan kebutuhan pemiliknya. Namun, motor custom untuk wanita akan berbeda dari motor custom pria.

Baca juga: Tantangan Desainer Bus Bikin Spion Kamera Tampak Menarik

Indra Pranajaya alias Indra Bluesman, builder Razzle Dazzle Chopper Works di Bandung, mengatakan, motor custom untuk wanita haruslah mengikuti standar kenyamanan berkendara para wanita.


“Otomatis motor custom untuk wanita yang paling utama masalah postur, tinggi, dan berat badan. Karena ini menentukan untuk posisi berkendara, ground clearance, dan handling,” kata Indra kepada Kompas.com, Rabu (3/4/2022).

Baca juga: Tantangan Desainer Bus Bikin Spion Kamera Tampak Menarik

Perbedaan yang paling mencolok antara wanita dan pria adalah postur tubuh. Maka dari itu, desain motor wanita dan pria berbeda satu sama lain. Wanita yang memakai motor custom untuk pria rentan mengalami kesulitan dalam berkendara.

Wendy Purnama dari W Bike Kustom memamerkan motor custom XSR 155 bertemakan Big Wheels Bike.Foto: Yamaha Wendy Purnama dari W Bike Kustom memamerkan motor custom XSR 155 bertemakan Big Wheels Bike.

Mulai dari motor yang terlalu berat, terlalu tinggi, hingga dudukan yang tidak nyaman. Maka dari itu, menurut Indra, sebisa mungkin motor custom untuk wanita dibuat khusus.

“Kenyamanan motor custom untuk wanita musti jadi bahan ajuan. Beda kalau hanya untuk muter-muter dalam kota, ketika luar kota faktor keamanan dan kenyamanan nomor satu untuk motor custom yang dikendarai oleh wanita,” kata Indra.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.