Belajar dari Filosofi Penyu, Daihatsu Ingin Setia pada Konsumen

Kompas.com - 30/07/2022, 10:02 WIB

PERANCAK, KOMPAS.com - Tak hanya soal bisnis, PT Astra Daihatsu Motor (ADM) juga getol melangsungkan kegiatan corporate social responsibility (CSR) yang menjadi bagian kontribusi bagi negeri.

Dari empat pilar yang dimiliki, salah satu yang menarik adalah soal konservasi penyu dalam hal lingkungan. Karena bila diperhatikan, rata-rata industri otomotif atau lainnya, jarang yang melirik keberadaan biota laut yang satu ini.

Lantas apa yang membuat Daihatsu tertarik dengan penyu?

Menjawab hal ini, Direktur Pemasaran PT ADM Sri Agung Handayani mengatakan, ada filosofi dari penyu yang sebenarnya sangat mendalam dan menjadi bagian dari Daihatsu, yakni kesetiaan.

Baca juga: Goda Anak Muda, Daihatsu Siap Luncurkan Model Baru di GIIAS 2022

"Penyu ini kalau dilepas, dan suatu saat akan kembali, migrasinya adalah ke tempat di mana penyu berada (dilepas). Jadi value-nya itu di sana, soal kesetiaan," kata Agung, kepada media, di Perancak, Bali, Jumat (29/7/2022).

Ilustrasi booth Daihatsu di GIIAS 2021.KOMPAS.com/DIO DANANJAYA Ilustrasi booth Daihatsu di GIIAS 2021.

Menurut Agung, hal tersebut menjadi sebuah folosofi yang cukup baik untuk diimplementasikan. Intinya, belajar dari sifat penyu, Daihatsu ingin tetap loyal melayani para konsumennya,

"Harapan kami, kami begitu juga kepada konsumen. Jadi konsumen boleh pergi, tapi kami tetap setia pada konsumen-konsumen kami," ujar Agung.

Tak hanya itu, kepedulian Daihatsu terhadap penyu juga didasari populasinya yang tiap saat hari makin terancam. Apalagi Indonesia memiliki enam dari tujuh jenis penyu yang ada di dunia.

Kondisi tersebut jadi salah satu motor penggerak Daihatsu dalam konservasi penyu yang hingga saat ini sudah ada di tujuh wilayah.

Baca juga: Daihatsu Respons Positif Kehadiran Hyundai Stargazer

Wujud konsisten juga kembali dibuktikan dengan penadatanganan MoU perpanjangan kerja sama antara ADM dan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) di Perancak, Bali.

Konservasi Penyu binaan Daihatsu di Perancak, BaliKOMPAS.com/STANLY RAVEL Konservasi Penyu binaan Daihatsu di Perancak, Bali

 

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.