Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 27/07/2022, 07:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Dengan nama ABC Lithium, PT International Chemical Industry (Intercallin) juga menyediakan baterai untuk kebutuhan kendaraan listrik. Namun, hanya sebatasi produksinya saja.

Meskipun dapat memproduksi baterai untuk motor listrik, tapi Intercallin tidak tertarik untuk turut meningkatkan infrastruktur dengan cara membuat stasiun swap battery.

Baca juga: Baterai ABC Lithium Siap Terima Keluhan Konsumen Kendaraan Listrik

Untuk diketahui, pada beberapa distributor atau produsen motor listrik, menggunakan skema swap battery untuk meningkatkan efisiensi waktu. Sebab, pengguna motor listrik tidak perlu menunggu lama mengecas baterai, cukup tukar dengan baterai yang kapasitasnya sudah penuh.

Sel baterai ABCKompas.com/Donny Sel baterai ABC

Direktur Pemasaran Intercallin Hermawan Wijaya, mengatakan, arah bisnis ABC Lithium tidak ke arah swap battery. Sebab, sudah ada beberapa perusahaan yang terjun ke bisnis tersebut.

"Ya, kita dukung dari baterainya saja. Jadi, biar mereka yang menjalankan bisnis swap-nya," ujar Hermawan, kepada Kompas.com, saat ditemui di pameran Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2022, di JIExpo Kemayoran, Jakarta, belum lama ini.

Baca juga: Produsen Baterai ABC Akan Sediakan Aki Kering Lithium Untuk Motor

Menurutnya, bisnis swap battery, berbeda dengan bisnis baterai. Swap battery termasuk ke dalam bisnis penyewaan atau sejenisnya. Sementara ABC Lithium, memproduksi sel baterai.

ABC Lithium sanggup menyediakan baterai lithium untuk motor listrik dengan kapasitas 20 Ah dan 25 Ah, atau sesuai dengan kebutuhan dari produsen motor tersebut.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.