Kompas.com - 25/07/2022, 10:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Beragam keseruan tersaji dalam lantai pameran kendaraan listrik Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2022 yang diselenggarakan pada 22-31 Juli 2022 di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat.

Salah satunya, pengunjung terpilih bisa mencoba langsung mobil balap listrik karya tim Yacaranda dari Universitas Gajah Mada (UGM) yang diikutkan ke dalam ajang Kompetisi Mobil Listrik Indonesia (KMLI).

Pengujian dilakukan di area Hall B3 & C3 dengan mendaftarkan diri lebih dahulu. Lalu, akan ditemani oleh tim Yacaranda UGM untuk memastikan kegiatan tersebut selalu dalam kondisi baik dan aman.

Baca juga: Kendaraan Listrik, Jawaban Masalah Bahan Bakar Fosil di Masa Depan

Mobil listrik balap karya Yacaranda Team UGM, SS EV-3 EVOKOMPAS.com/Ruly Mobil listrik balap karya Yacaranda Team UGM, SS EV-3 EVO

Tim redaksi Kompas.com pun berkesempatan untuk mencoba kendaraan berkode SS EV-3 Evo ini. Memang, areanya cukup terbatas tapi sudah bisa membuat kesan tersendiri karena berbeda dengan mobil konvensional dan sepenuhnya dibuat oleh anak bangsa.

Sebagai informasi, Yacaranda Team UGM merupakan suatu tim yang sengaja untuk dibentuk yang terdiri dari para mahasiswa untuk membangun pengetahuan atas kendaraan listrik.

"Kami memiliki dua kendaraan ramah lingkungan yaitu mobil listrik berbasis baterai seperti yang dibawa ini dan mobil etanol. Keduanya untuk kebutuhan kompetisi," kata An’amta Shobrin, Staff Drive & Powertrain Yacaranda Team UGM kepada Kompas.com, Minggu (24/7/2022).

Kontrol panel mobil listrik balap karya Yacaranda Team UGMKOMPAS.com/Ruly Kontrol panel mobil listrik balap karya Yacaranda Team UGM

"Tetapi karena kebutuhannya ini untuk test drive, settingannya kami kecilkan sedikit yaitu baterainya memakai 48 Volt. Kemudian penyesuaian lainnya ada pada bagian controller, selebihnya sama saja," lanjut dia.

Shobirin pun kemudian menjelaskan beberapa cara mekanisme pengendaraan mobil listrik balap ini sebelum redaksi melakukan pengujian. Mulai cara aktivasi, gerak maju-mundur, hingga emergency braking.

Lebih jauh, sebelum berkendara pengemudi harus memastikan bahwa settingan gir sudah berada di posisi untuk maju dengan cara menggeser tuas kecil yang berada di bagian kiri panel cluster.

Baca juga: Cerita UI dan MAB Kolaborasi Bikin Bus Listrik

Kemudian, aktifkan emergancy breaking yang ketika ditekan mampu memutuskan aliran listrik pada kendaraan. Posisinya ada di sebelah kanan panel cluster dan belakang jok pengemudi.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.