Kompas.com - 23/07/2022, 14:02 WIB


JAKARTA, KOMPAS.COM - Mobil di segmen Low Multi Purpose Vehicle (LMPV) semakin marak di Tanah Air, terlebih lagi setelah kehadiran Hyundai Stargazer.

Stargazer sekaligus akan bertarung dengan para rivalnya yang sudah meluncur terlebih dahulu dan mendapat beberapa pembaruan.

Sebut saja Toyota Avanza yang mendapat ubahan total pada desainnya eksterior, interior serta fitur Toyota Safety Sense (TSS), atau Suzuki Ertiga yang kini dibekali dengan tampilan yang lebih segar dan pilihan mesin hybrid.

Namun, pabrikan asal Jepang Honda nampaknya masih enggan untuk melakukan penyegaran pada Mobilio. Pasalnya, Honda terakhir kali memberikan ubahan sekitar 2019. Bahkan, HPM saat ini hanya menjual varian termurah, yaitu tipe S.

Baca juga: Bocoran Spesifikasi Suzuki S-Presso yang Bakal Meluncur di GIIAS 2022

Yusak Billy, Business Innovation and Sales & Marketing PT Honda Prospect Motor (HPM) mengatakan, penyegaran Mobilio atau MPV tergantung pada kebutuhan konsumen dan kondisi pasar seperti apa. Ia mengatakan, untuk saat ini pihaknya tengah fokus melihat pasar SUV.

Honda BR-V IIMS 2022Kompas.com/ApridaMegaNanda Honda BR-V IIMS 2022

“Kami selalu berusaha untuk menawarkan produk yang diinginkan konsumen. Tentu kami akan terus mempelajari kondisi pasar, meskipun saat ini kami fokus terhadap produk-produk SUV yang memang pasarnya sedang meningkat,” ucap Billy saat dihubungi Kompas.com, Kamis (21/07/2022).

Menurut Billy, meskipun secara volume, Low MPV masih menjadi mobil terlaris, namun jika berkaca pada infrastruktur Indonesia, SUV disebut lebih mendukung.

“Untuk kendaraan 7 penumpang saat ini, kami fokus pada All New Honda BRV yang mempunyai ground clearance lebih tinggi yang cocok untuk infrastruktur kondisi jalan di Indonesia,” kata dia.

Baca juga: Konversi Vespa Klasik Jadi Listrik Makin Diminati

Seperti diketahui, Honda terakhir kali memberikan penyegaran pada Mobilio sekitar 2019. Setelahnya, Honda lebih memilih meluncurkan Brio, BR-V dan HR-V terbaru.

Perbedaan dibanding model sebelumnya, Mobilio memiliki lampu utama proyektor LED pada tipe tertinggi. Termasuk juga sektor eksterior dan interior yang mendapat sedikit perubahan untuk menunjang tampilan yang sporty.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.