Impresi Berkendara Toyota Rush ke Luar Kota

Kompas.com - 14/07/2022, 13:21 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Toyota Rush menjadi salah satu mobil yang bermain di segmen low sport utility vehicle (LSUV).

LSUV dari Toyota ini belum lama mendapatkan penyegaran dengan hadirnya Toyota Rush GR Sport pada Agustus tahun lalu.

Meski begitu, bukan berarti versi lamanya atau Toyota Rush TRD ketinggalan jaman. Pasalnya, mobil ini juga memiliki desain modern yang tak jauh berbeda dengan versi terbarunya.

Baca juga: Fasilitas Standar yang Biasa Ada pada Bus AKAP

Tim redaksi berkesempatan untuk mengajak jalan-jalan Toyota Rush TRD ke luar kota. Impresi saat mengendarai sepanjang tol Jakarta-Cipularang, ternyata kemampuannya tak kalah responsif.

Dari segi dapur pacu, Toyota Rush dibekali mesin 2NR Dual VVT-I DOHC 1,5 liter. Mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga 102 Hp pada 6.000 rpm dengan torsi maksimal 134 Nm pada 4.200 rpm. Power ini disalurkan menggunakan transmisi manual 5 percepatan dan otomatis 4 percepatan ke roda belakang.

Toyota Rush TRDKompas.com/ApridaMegaNanda Toyota Rush TRD

Pada putaran bawah, tenaga langsung terasa ketika pedal gas diinjak sedikit. Terlebih saat berada di putaran atas, performanya cukup bisa diperhitungkan.

Bahkan dengan membawa empat penumpang dewasa beserta barang-barang di bagasi, Rush masih cukup tangguh mengantarkan awak redaksi sampai di tujuan.

Saat melewati tanjakan yang cukup curam, Toyota Rush TRD masih kuat menanjak dengan mulus menggunakan mode D (drive).

Pengalaman menarik lainnya adalah saat mengajak Rush bermanuver melintasi jalur berkelok menuju Lembang. Statusnya dengan ground clearance yang lebih tinggi tak membuat mobil ini terlalu mengalami limbung.

Toyota Rush TRDKompas.com/ApridaMegaNanda Toyota Rush TRD

Hal ini bisa terjadi lantaran adanya ubahan pada sistem suspensi yang sudah menggunakan stabilizer. Hasilnya, gejala limbung dan body roll memang bisa direduksi yang membuat Rush TRD memiliki sisi handling yang cukup baik.

Baca juga: Mengecas Baterai Wuling Air ev di Rumah Butuh Daya Minimal 2.200 W

Dengan total jarak tempuh sekitar 400 kilometer, dari Jakarta menuju Lembang (PP) serta singgah dan mengelilingi kota Subang, tim redaksi belum menemukan adanya kendala. Rush pun masih tetap nyaman untuk dikendarai.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.