Modifikasi Berbahaya, Setang Motor Diganti Setir Mobil

Kompas.com - 13/07/2022, 19:11 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Video viral di dunia maya memperlihatkan modifikasi setang sepeda motor yang diganti pakai setir mobil. Sehingga setang motor yang harusnya lurus menjadi bundar.

Modifikasi menggunakan setir mobil di roda dua sebetulnya sering terlihat di pedagang es serut atau burger keliling yang menggunakan sepeda gowes tapi bukan motor.

Baca juga: Pilih Mana, Ganti Radiator OEM atau Servis Radiator?

 

Dalam video yang diunggah akun Instagram Indorider150up itu banyak mengundang pertanyaan netizen yakni bagaimana cara ngegas dan pengendalian saat di jalan raya.

Head of Safety Riding Promotion Wahana Agus Sani mengatakan, modifikasi adalah hak pemilik motor tapi alangkah baiknya modifikasi yang dilakukan tetap memerhatikan fungsi dan keamanan.

"Sebaiknya jika modifikasi kendaraan harus melihat sisi keamanan dan kenyamanannya bukan hanya sekedar merubah tampilan, agar di jalan tetap aman dan nyaman," kata Agus kepada Kompas.com, Rabu (13/7/2022).

Baca juga: Pasang Wireless Charging di Mobil, Cuma Modal Rp 1,5 Juta

 

Setang dan panel intrumen Honda ADV 160Dok. AHM Setang dan panel intrumen Honda ADV 160

Menurut Agus dengan mengganti setang seperti itu maka menjadi tidak aman, karena penggunaan sepeda motor berbeda dengan mobil terutama saat belok.

"Posisi riding juga menjadi tidak sesuai sehingga mengurangi kenyamanan saat berkendara," kata Agus.

"Selain itu untuk melakukan manuver tidak dapat sebebas menggunakan setang motor, karena posisi pegangan setang yang berbeda dengan biasanya," ungkap dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.