Kompas.com - 19/06/2022, 13:21 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu upaya yang dilakukan pengemudi ketika mengendarai mobil, yaitu menghemat konsumsi bahan bakar minyak (BBM). 

Praktisi dan Konsultan Eco Driving Heru Sugiarto menjelaskan, terdapat beberapa cara agar menghemat konsumsi bahan bakar minyak selama berkendara.

1. Jaga putaran mesin

“Pertama, jaga putaran mesin dengan cara memindahkan persneling ke gigi yang lebih tinggi secepatnya. Jangan biarkan RPM mobil tinggi,” kata Heru.

Baca juga: 8 Cara Mudah Hemat Bahan Bakar Selama Perjalanan Liburan

Ilustrasi Tol Cipali saat dipakai pemudik musim lebaran 2019KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG Ilustrasi Tol Cipali saat dipakai pemudik musim lebaran 2019

Begitu putaran mesin tinggi namun laju kendaraan tidak meningkat, maka itu pertanda batas torsi pada gigi tersebut sudah terlewati sehingga bahan bakar akan banyak terbuang sia-sia. Maka dari itu, tidak perlu menunggu suara mesin menggerung, pindahkan tuas transmisi ke gigi lebih tinggi secepatnya.

2. Jaga kecepatan maksimal kendaraan

Selain itu, Heru juga menyarankan untuk menjaga kecepatan maksimal saat di jalan TOL. Tentu ini ada hubungannya antara torsi gigi paling tinggi dengan besar sudut pembukaan throttle, semakin besar throttle dibuka maka konsumsi bahan bakar akan semakin banyak.

“Maka dari itu, jangan sampai kecepatan mobil berada di atas 90 km/jam. Selain aman, bahan bakar mobil jadi efisien,” ujar Heru.

Baca juga: Pelajari Teknik Mengemudi yang Bisa Hemat Bensin

Berkendara amanAuto2000 Berkendara aman

3. Jaga jarak dengan kendaraan di depannya

Selanjutnya, Heru juga menyarankan agar pengendara sentiasa menjaga jarak dengan kendaraan di depannya. Hal tersebut diperlukan untuk menghindari pengereman mendadak.

Dengan menghindari pengereman mendadak maka laju kendaraan hanya akan dikendalikan oleh pedal gas sehingga secara tidak langsung kendaraan terbantu oleh dorongan gaya dinamis kendaraan.

“Jangan sampai kehilangan momen. Karena ketika mesin sudah bekerja (kendaraan bergerak), sudah ada bahan bakar yang terbuang, jangan sampai terbuang sia-sia karena ngerem mendadak. Maka selalu jaga jarak aman,” lanjut Heru.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.