Service Mobil, Lebih Baik Berdasarkan Jarak Tempuh atau Waktu?

Kompas.com - 15/06/2022, 11:31 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Perawatan berkala menjadi salah satu ritual wajib yang harus dilakukan pemilik mobil untuk menjaga performa mesin.

Namun demikian, tak sedikit yang sampai saat ini masih bingung dalam menentukan kapan mobil harus diservis, apakah berdasarkan jarak tempuh atau waktu?

Suparna, Kepala Bengkel Auto2000 Cilandak mengatakan, pemilik mobil diharuskan untuk rutin melakukan servis berkala tiap kelipatan 10.000 kilometer (km).

Baca juga: Ditanya Seberapa Irit BBM Ertiga Hybrid, Ini Jawaban Suzuki?

Teknisi dealer dan bengkel Toyota Kartika Sari yang berada di Kota Malang, Jawa TimurNugraha Perdana Teknisi dealer dan bengkel Toyota Kartika Sari yang berada di Kota Malang, Jawa Timur

“Meski kebanyakan catatan servis berpatokan pada jarak tempuh odometer, tetapi ada baiknya juga perhatikan waktu atau time frame bukan kilometer (km) saja. Umumnya, jangka waktu melakukan servis berkala adalah enam bulan sekali,” ujar Suparna saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Biasanya, jika mobil sudah dipakai enam bulan, kekentalan oli mesin bakal mengalami perubahan. Efeknya tentu akan berpengarug pada perfomanya.

Dengan demikian, kondisi sistem pelumasan dan ruang bakar mobil, terutama bagi pengguna di perkotaan mudah terkontaminasi dan berkerak karena seringnya terjebak macet.

Artinya, meski secara jarak tempuh belum menyentuh 10.000 km, ada baiknya pemilik mobil langsung melakukan servis berkala bila secara waktu sudah mencapai enam bulan.

Baca juga: Jangan Salah, Ini Bedanya Spooring dan Balancing

Bengkel Siaga HondaHPM Bengkel Siaga Honda

Berikut beberapa bagian yang diperiksa saat melakukan perawatan rutin.

  1. Oli mesin dan filternya
  2. Saringan udara dan saringan AC yang ada di dalam kabin
  3. Busi
  4. Oli transmisi dan gardan
  5. Minyak rem
  6. Cairan pendingin mesin
  7. Jumlah air aki
  8. Minyak power steering

     

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.