Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jarang Diketahui, Ini Fungsi Tuas Kecil Spion Kabin Mobil

Kompas.com - 10/06/2022, 16:51 WIB
Dicky Aditya Wijaya,
Stanly Ravel

Tim Redaksi

JAKARTA,KOMPAS.com - Tak sedikit pemilik mobil yang belum paham fungsi dari beberapa fitur yang ada pada mobilnya. Contoh seperti tuas kecil pada spion tengah atau kabin.

Kebanyakan pemilik mobil hanya mengetahui fungsi spion kabin untuk melihat kendaraan di belakang, atau mengecek kondisi penumpang. Bahkan ada pula yang menggangap tuas tersebut hanya pajangan.

Padahal, keberadaan tuas kecil tersebut memiliki fungsi yang sangat berguna dalam membantuk pengendara, yakni untuk menghalau pancaran sinar lampu berlebih ketika berkendara malam hari.

Baca juga: Baru Meluncur, Ertiga Smart Hybrid Langsung Diekspor Tahun Ini

Training Director Safety Defensive Driving Consulting Indonesia (SDCI) Sony Susmana mengatakan, saat di gunakan tuas kecil spion kabin ini membantu meredam silau cahaya lampu high beam kendaraan dari arah belakang. 

Fungsi spion tengah pada kabins515i.com Fungsi spion tengah pada kabin

"Sering menemukan pengguna jalan yang memainkan lampu jauh saat mengemudi malam hari. Jika di fungsikan tuas ini menampilkan visualisasi keadaan belakang lebih gelap, sehingga pantulan cahaya tidak menganggu visibilitas pengemudi," kata Sony kepada Kompas.com, Jumat (10/6/2022). 

Untuk menggunakannya cukup mudah, pengendara tinggal menaikkan dan menurunkan posisi tuasnya saja. Setelah aktif, sinar lampu jauh dari mobil atau motor di belakang dapat diredakan sehingga tak menyilaukan mata pengemudi. 

Jika dilihat, kata Sony, sebenarnya fungsi tuas ini sepele, tetapi jika spesifik memahami fungsinya secara teknis sangat membantu soal keselamatan berkendara. 

"Karena fungsinya adalah membiaskan cahaya, jadi sinar lampu yang masuk ke dalam kabin sudah tidak silau. Efeknya, cahaya yang ditangkap kelenjar retina mata jauh lebih rendah. Jadi pengendara tetap bisa melihat visibilitas sisi belakang kendaraan," tuturnya. 

Baca juga: 5 Aksesori Mobil yang Sebenarnya Berbahaya, tapi Tetap Dijual Bebas

Keberadaan tuas ini, kebanyakan ada pada mobil kelas menengah ke bawah. Sebab, mobil-mobil segmen kelas menengah keatas sudah mengadopsi fitur auto dimming rear view mirror, yang dapat secara otomatis, menyesuaikan intensitas cahaya yang masuk ke kabin mobil.

Tuas kaca spion punya fungsi penting sebagai penangkal sinarStanly/KompasOtomotif Tuas kaca spion punya fungsi penting sebagai penangkal sinar
 

Pengaturan kaca spion yang benar, akan memastikan objek-objek di area depan, belakang, maupun sisi kanan dan kiri kendaraan dapat terlihat dari bagian kabin mobil.

Oleh karena itu, sebaiknya sebelum mengemudikan kendaraan wajib mengecek dan melakukan setting ulang bagian spion. 

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com