Generasi Terbaru Lexus RX Diluncurkan, Tersedia Empat Pilihan Mesin

Kompas.com - 02/06/2022, 10:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Lexus bisa dibilang menjadi pionir menghadirkan crossover premium dengan seri RX pada 1998. Kali ini, generasi kelima dari Lexus RX sudah resmi diluncurkan secara global.

Dikutip dari Carscoops.com, generasi terbaru Lexus RX memiliki banyak ubahan baik bagian eksterior, interior, fitur, sasis, mesin, bahkan teknologinya.

Membahas bagian eksteriornya, Lexus memperbarui tampilan depannya dan tetap mengusung model spindle grille. Begitu juga pada sektor lampu depan, desainnya sudah berubah dan lebih menyudut.

Baca juga: Tak Sekadar Ramah Lingkungan, Berikut Kelebihan dari Lexus ES 300h

Generasi terbaru Lexus RXCARSCOOPS.COM Generasi terbaru Lexus RX

Sedangkan dilihat dari bagian samping, Lexus tetap memertahankan desain pilar C yang floating. Ubahan paling terlihat juga pada lampu belakang yang kini menyambung dari sisi kiri ke kanan, mengingatkan pada Lexus LM.

Masuk ke bagian kabin, desainnya berubah total. Paling ketara adalah sistem hiburan berukuran besar, sampai 14 inci. Selain itu bentuk dasbornya dibuat lebih mewah, sehingga memberi rasa nyaman pada pengemudinya.

Ubahan pada generasi kelima ini bukan sekadar kosmetik, basis sasisnya juga baru. Lexus RX terbaru menggunakan platform GA-K, sehingga lebih ringan 89,8 kg dan lebih rigid.

Baca juga: Wuling Perkenalkan Mobil Listrik untuk Pasar Indonesia


Selain itu, wheelbase Lexus RX kini lebih panjang 60 mm sehingga kabin belakang tentu jadi lebih lega. Kemudian, semua varian akan dibubuhi Lexus Safety System+ 3.0 yang terdiri dari berbagai sistem driving assistance.

Lexus akan menawarkan enam pilihan trim untuk RX generasi kelima yang di antaranya Standard, Premium, Premium+, Luxury, F Sport Handling, dan F Sport Performance. Selain itu, disediakan juga empat pilihan mesin.

Pertama ada RX 350, menggunakan mesin 2.400 cc turbo, menghasilkan 275 TK dan torsi 429 Nm. Kemudian ada RX 350h dengan mesin 2.500 cc ditambah sistem hybrid generasi keempat menghasilkan tenaga 246 TK dan torsi 316 Nm.

Kabin Generasi terbaru Lexus RXCARSCOOPS.COM Kabin Generasi terbaru Lexus RX

Kemudian ada pilihan RX 450h+ plug-in hybrid, namun belum diinformasikan spesifikasi lengkapnya. Paling tinggi, disediakan pilihan RX 500h F Sport Performance dengan tampilan yang sedikit berbeda dan mesin yang lebih garang.

Varian RX 500h memakai mesin 2.400 cc turbo ditambah dengan sistem hybrid. Hasilnya, crossover premium Lexus ini menghasilkan tenaga 367 TK dan torsi 550 Nm, diklaim 0-100 kpj dapat ditempuh dalam 5,9 detik.

Saat ini masih belum ada harga resmi untuk berbagai varian Lexus RX terbaru. Rencananya Lexus RX akan resmi dijual pada akhir tahun 2022.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.