BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Lexus

Pertegas Status Kendaraan Hybrid Electric Luxury, Ini Ulasan Lengkap The All New Lexus NX yang Mejeng di Gaikindo Jakarta Auto Week 2022

Kompas.com - 14/03/2022, 10:32 WIB
Erlangga Satya Darmawan,
Agung Dwi E

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Lexus Indonesia memamerkan produk hybrid terbaru mereka, yakni The All New Lexus NX pada event Jakarta Auto Week 2022 yang diselenggarakan Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo).

Hadir dengan tema “The Next Chapter of Intuitive Luxury”, Lexus memperkenalkan wajah barunya tersebut di pasaran sebagai titik awal The Next Brand Chapter sekaligus untuk menegaskan statusnya sebagai luxury lifestyle brand.

Oleh karena itu, Lexus membekali All New Lexus NX dengan berbagai inovasi dan pembaruan, mulai dari teknologi, fitur, hingga desain. Tujuannya adalah untuk memberi pengalaman berkendara yang lebih baik bagi masyarakat Indonesia.

General Manager Lexus Indonesia Bansar Maduma mengatakan, The All New Lexus NX juga mengusung tagline “Intuitively Yours”.

Lewat tagline tersebut, Lexus berharap seluruh pembaruan yang ada pada kendaraan dapat mengakomodasi kebutuhan pengendara dengan beragam karakteristik.

“The All New Lexus NX bukan sekadar generasi kedua dari Compact Luxury SUV Lexus, tetapi juga jadi langkah awal dalam membuka babak baru untuk Lexus ke depannya. Saya yakin, model terbaru ini dapat memenuhi kebutuhan pelanggan yang ingin tampil mempesona,” ucap Bansar dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Rabu (10/3/2022).

Kendaraan hybrid

The All New Lexus NX hadir di Indonesia dengan dua varian utama, yakni NX 350h F Sport dan NX 350h Luxury. Untuk diketahui, keduanya merupakan produk NX Hybrid Electric pertama di Indonesia.

Selain itu, kedua mobil tersebut juga telah dilengkapi dengan mesin generasi ke-4 dari Lexus Hybrid Electric Drive yang mengombinasikan Hybrid Transaxle dan Electric Motor.

Berkat teknologi itu, kendaraan tersebut mampu menghasilkan total output sebesar 240 horsepower (hp) dengan torsi maksimal dari mesin bakar sebesar 239 Newton-meter (Nm) dan didukung dengan torsi instan dari motor listrik sebesar 270 Nm.

Kombinasi dua sumber tenaga tersebut membuat penggunaan bahan bakar lebih optimal dan efisien.

Adapun varian gasoline tetap tersedia melalui Lexus NX 250 Luxury yang menggunakan transmisi 8 percepatan dan mampu menghasilkan tenaga sebesar 204 hp.

Bansar mengatakan, pengembangan teknologi elektrifikasi merupakan upaya Lexus dalam menciptakan produk ramah lingkungan yang dapat mengurangi emisi gas buang.

“Ini merupakan bentuk komitmen visi elektrifikasi Lexus. Semuanya dapat terwujud dengan kolaborasi bersama mitra serta kerja sama dengan pemerintah. Kami ingin memberikan kontribusi terhadap masyarakat dan kehidupan di masa depan yang lebih baik,” ucap Bansar.

Hadir dengan konsep Vital X Tech

The All New Lexus NX adalah model pertama yang didasarkan pada konsep pengembangan Vital x Tech Gear. Konsep ini mengombinasikan vital dynamism dan innovative advanced technology.

Ke depan, konsep tersebut diharapkan dapat menjadi inspirasi untuk seluruh model Lexus.

Chief Engineer Takeaki Kato mengatakan, konsep tersebut didesain agar The All New NX dapat memenuhi beragam gaya hidup pengemudi.

“Kami ingin pembaruan jadi kekuatan utama dari seri NX terbaru ini, mulai dari elektrifikasi, desain, performa berkendara, dan teknologi canggih. Itu semua bisa meningkatkan daya tariknya,” kata Kato.

Dengan begitu, lanjut Kato, The All New Lexus NX mampu mencerminkan inovasi Lexus yang diberikan melalui pengembangan teknologi elektrifikasi berupa Lexus First Plug-in Hybrid Electric Technology.

Adapun beberapa pembaruan juga dilakukan terhadap beberapa fitur khas Lexus, seperti Limitless Design, Lexus Driving Signature, dan Human Centered Technology untuk menjaga keamanan dan kenyamanan berkendara.

Selain itu, The All New Lexus NX juga didesain menjadi lebih dinamis dan lincah agar performa kendaraan tersebut jadi meningkat.

Untuk tampilan luar atau pada bagian eksterior, Lexus telah menyematkan kendaraan hybrid terbarunya tersebut dengan three-dimensional spindle grille generasi terbaru pada bagian depan kendaraan.

Kehadiran spindle grille tersebut semakin sempurna berkat kehadiran 3-LED Headlights.

Pada bodi bagian belakang, Lexus juga melakukan perombakan pada emblem logo menjadi logo unified LEXUS untuk menunjukkan kesan modern dan simpel agar mudah dikenali.

Untuk bagian lampu belakang, Lexus juga memberikan beberapa pembaruan pada The All New Lexus NX, yakni dengan memberikan desain limitless rear lamp.

Demi mendukung karakter desain yang kuat pada bagian roda, The All New Lexus NX juga dilengkapi 20-inch Alloy Wheel terbaru dengan desain berbeda untuk tipe Luxury dan F Sport.

Pembaruan juga dihadirkan pada bagian kokpit, yakni sentuhan desain dengan konsep Tazuna Cockpit yang terinspirasi dari seni berkuda Jepang.

Tazuna Cockpit yang terinspirasi dari seni berkuda Jepang.Dok. Lexus Tazuna Cockpit yang terinspirasi dari seni berkuda Jepang.

Dengan desain tersebut, Lexus ingin membantu pengemudi tetap fokus ketika berkendara meskipun sedang mengoperasikan fitur kendaraan.

"Hands on the wheel, eyes on the road,” jelas Bansar.

Penerapan konsep tersebut dapat terlihat dari keberadaan Head-up Display (HUD) yang telah diatur ulang keberadaannya agar dapat meningkatkan forward visibility dan touch tracing switches pada bagian kemudi.

Dengan begitu, pengendara bisa memfokuskan pandangannya saat mengemudi. Selain itu, jangkauan ke area center cluster juga menjadi lebih sederhana dan mudah.

Untuk menunjang hiburan, Lexus juga menyematkan interior lighting pada bagian dalam kendaraan yang dilengkapi berbagai pilihan warna. Setidaknya, ada 14 thematic ambient color dengan total 64 kombinasi warna yang dapat dipilih pengemudi.

Tak hanya itu, The All New Lexus NX juga memiliki sound system menggunakan Mark Levinson 17-speaker.

Fitur terkini

Sebagai kendaraan luxury, The All New Lexus NX dilengkapi dengan berbagai fitur dan teknologi terkini untuk memberikan pengalaman berkendara yang aman dan nyaman.

Adapun salah satu fitur unggulan yang ada pada kendaraan tersebut adalah E-latch.

Fitur E-latch hadir untuk memudahkan pengendara ketika membuka pintu dari luar kendaraan ataupun dari dalam kabin hanya dengan satu sentuhan jari.

Selain E-latch, ada juga fitur Intelligent Assistance berbasis sistem Voice Command yang dilengkapi dengan 14-inch Touch Screen Center Display.

Fitur E-latch untuk membuka pintu dengan satu jari. Dok. Lexus Fitur E-latch untuk membuka pintu dengan satu jari.

Fitur tersebut berfungsi untuk memudahkan pengendara dalam mengontrol berbagai sarana hiburan, navigation, air conditioning, dan beberapa fitur lainnya melalui suara. Untuk menyalakannya, pengendara cukup mengatakan “Hi, Lexus!”.

Fitur lain yang juga dapat dimanfatakan pengendara adalah Wireless Apple Car Play, Wire-connect Android Auto, Lexus Safety System Plus generasi ketiga, dan Dynamic Radar Cruise Control (DRCC),

Selanjutnya, Pre-Collision System (PCS), Lane Tracing Assist (LTA), dan Adaptive High Beam System (AHS) yang dapat mengantisipasi risiko dalam perjalanan dan membantu pengendara agar lebih aman.

Sebagai informasi, Jakarta Auto Week 2022 diselenggarakan mulai Sabtu (12/3/2022) hingga Minggu (20/3/2022) di Jakarta Convention Center, Jakarta. Bagi yang tertarik terhadap produk The All New Lexus NX, silakan kunjungi booth Lexus yang ada di Cendrawasih Hall.

Baca tentang

komentar di artikel lainnya
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com