Kompas.com - 29/05/2022, 08:41 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Nomor start 46 terkenal dengan Valentino Rossi. Setelah pebalap Italia tersebut pensiun, nomor start itu pun ikut dipensiunkan.

Maksud dari nomor start tersebut dipensiunkan adalah tidak ada pebalap lain yang bisa menggunakan nomor 46. Khususnya, untuk para pebalap di kelas utama atau kelas MotoGP.

Seremoni tersebut sengaja dilakukan pada MotoGP Italia yang diselenggarakan pada Sirkuit Mugello. Seremoni dilakukan tepat di depan para penggemar Rossi di Italia.

Baca juga: Marquez Tetap Kagum pada Rossi meski Bukan Teman Lagi

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by MotoGP™ (@motogp)

 

Rossi juga diketahui punya rekor yang luar biasa balapan di Mugello. Dia pernah meraih kemenangan tujuh kali berturut-turut pada tahun 2002 hingga 2008.

Valentino Rossi saat seremoni mempesiunkan nomor start 46. (Photo by Filippo MONTEFORTE / AFP)FILIPPO MONTEFORTE Valentino Rossi saat seremoni mempesiunkan nomor start 46. (Photo by Filippo MONTEFORTE / AFP)

Rossi mengatakan, perasaannya bercampur aduk saat melihat seremoni nomor start 46 yang selalu dia gunakan resmi dipensiunkan.

"Dari satu sisi, sangat sedih karena saya sudah selesai dan 46 dipensiunkan. Pada sisi lain, ini perasaan yang luar biasa, karena ini adalah cerita yang panjang, karir yang tidak terlupakan, penuh dengan momen luar biasa," ujar Rossi, dikutip dari Crash.net, Minggu (29/5/2022).

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by MotoGP™ (@motogp)

Rossi menambahkan, dirinya sangat bangga bisa berada di Mugello. Sebab, tempat spesial tersebut dianggap sebagai rumah.

Baca juga: Rossi Minta Maaf Nomor #46 Pensiun, Padahal Bisa Dipakai Pebalap Lain

"Ini juga bagus, karena saya selalu balapan dengan 46. Jadi, 46 sangat berarti bagi saya dan ini adalah nomornya Graziano, ayah saya," kata Rossi.

Valentino Rossi saat seremoni mempesiunkan nomor start 46. (Photo by Filippo MONTEFORTE / AFP)FILIPPO MONTEFORTE Valentino Rossi saat seremoni mempesiunkan nomor start 46. (Photo by Filippo MONTEFORTE / AFP)

Menurut Rossi, 46 tidak hanya sekadar nomor, tapi juga merupakan tanda. Pernyataan tersebut juga bukan sekadar kata-kata, karena 46 sangat identik dengan Rossi.

Rossi pensiun setelah 26 tahun balapan dan meraih sembilan gelar juara dunia dalam 115 kali balapan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.