Tokyo Motor Show Ganti Nama Menjadi Japan All Industry Show

Kompas.com - 24/05/2022, 08:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Japan Automobile Manufacturers Association (JAMA) alias Asosiasi Produsen Mobil Jepang mengumumkan telah mengubah nama dan ruang lingkup pameran otomotif Tokyo Motor Show mulai 2023.

Ke depan, nama barunya pameran otomotif terbesar di Jepang ini, adalah Japan All Industry Show. Sebuah nama yang dimaksudkan untuk menonjolkan kesatuan dari beberapa industri mobilitas.

Seperti diketahui, Tokyo Motor Show terakhir digelar pada 2019, sebelum pandemi global. Ketika itu, JAMA mencatat industri tambahan di luar industri otomotif tradisional juga terlibat, hingga membuat pameran tersebut bisa dihadiri hingga 1,3 juta pengunjung.

Baca juga: Mitos atau Fakta, Kebiasaan Bensin Minim Bikin Fuel Pump Rentan Rusak?

Suasana pameran Tokyo Motor Show di akhir pekanKompas Suasana pameran Tokyo Motor Show di akhir pekan

Alasan itu yang mendasari perubahan ini dan berkembang secara organik selama beberapa tahun terakhir.

Sementara itu, ada alasan lain di mana semua industri yang terlibat dengan mobilitas saat ini dalam keadaan berubah.

“Netralitas karbon akan mengubah hidup kita, dan juga tentang transformasi industri otomotif, yang telah mendukung kehidupan masyarakat melalui ‘gerakan’,” ujar Ketua Japan Automobile Manufacturers Association (JAMA) Akio Toyoda, dalam keterangan resmi (19/5/2022).

Baca juga: Honda Airblade 160 Resmi Meluncur, Dijual Mulai Rp 35 Jutaan

“Awalnya, saya benar-benar tidak tahu harus berbuat apa. Kami mulai dengan menyerukan, mari kita mulai dengan pemahaman yang benar tentang netralitas karbon. Musuhnya adalah karbon, bukan mesin pembakaran internal,” kata Toyoda.

Kemudian, karena merek otomotif dari industri tradisional dan perusahaan rintisan menempuh jalan yang berbeda sehubungan dengan transportasi netral karbon.

JAMA bakal jadi inisiator agar semua bisa bertindak bersama lintas industri. Karena, asosiasi percaya bahwa ini adalah cara terbaik bagi semua yang terlibat, untuk bergerak maju dengan tujuan meningkatkan transportasi, dan juga membina lingkungan yang sehat.

Itulah sebabnya JAMA merasa bahwa tahun 2023 adalah waktu yang tepat untuk memperluas nama acara dan cakupannya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.