Akibat Aplikasi Peta, Innova Ini Terjebak di Hutan Malang

Kompas.com - 13/05/2022, 13:41 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Tak sedikit pengemudi yang menggunakan aplikasi peta atau navigasi ketika menuju suatu lokasi, terlebih saat berkendara jarak jauh atau ke daerah yang belum pernah dilewati.

Meskipun dirancang untuk menampilkan rute terbaik, namun tak jarang peta digital mengalami kesalahan, seperti memberikan rute yang kurang tepat atau kurang sesuai dalam menentukan titik lokasi. Hal seperti ini membuat penggunanya menjadi sering tersesat.

Seperti contoh kejadian yang menimpa seorang pria asal Singosari. Dalam video yang diunggah oleh akun Tiktok bernama @arekkene96, terlihat satu unit mobil Toyota Innova tersesat di tengah hutan lantaran pengemudinya menggunakan aplikasi peta (Google Maps).

Baca juga: Viral, Video Warga Cekcok Gegara Parkir Mobil di Pinggir Jalan

“Korban maps, kita evakuasi mobilnya Innova offroad. Logikanya ndak masuk, ini jalan setapak, mas nya sampai kaget, tadi malam sampai sini. Dari Singosari mau ke Batu,” ucap perekam video tersebut.

Kejadian yang menimpa seorang pria tersebut nyatanya juga sering dialami oleh pengguna aplikasi peta lainnya, tak hanya pengemudi mobil, tetapi juga pengendara motor.

Untuk itu, simak tips menggunakan aplikasi peta agar tak tersesat dan sampai ke tujuan dengan selamat.

Training Director The Real Driving Center (RDC) Marcell Kurniawan mengatakan, hal utama yang harus dipersiapkan jika bepergian menggunakan aplikasi peta adalah mengecek terlebih dahulu rute yang disarankan.

@arekkene96 korban maps...hati2 dalam perjalanan. katanya td malam jalannya lebar..#dunialain #offroad #suzuki #inova #kijang #toyota #toyotainovareborn ? suara asli - Eko Purwanto

“Bila akan menempuh perjalanan jauh dan mengandalkan aplikasi peta, H-1 sebelum keberangkatan pengemudi sebaiknya mempelajari dan melihat kondisi melalui foto lokasi yang tersedia di aplikasi,” ucap Marcell saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Kemudian, jangan lupa untuk update informasi melalui aplikasi peta yang ada saat istirahat.

“Ketika sudah di perjalanan dan sedang istirahat, lihat lagi rutenya, diarahkan kemana. Kemudian bila rute yang disarankan berubah, segera pelajari lagi,” kata dia.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.