Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bedanya Konsumen Truk dan Bus di Indonesia, Ada yang Fanatik dengan Merek

Kompas.com - 07/05/2022, 15:42 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kendaraan niaga seperti bus dan truk di Indonesia terdiri dari berbagai merek. Mulai dari Mercedes Benz, Hino, Isuzu, Fuso, UD Trucks, Scania, Volvo, dan masih banyak lagi.

Ternyata, ada hal unik dari karakteristik pengusaha truk maupun bus yang berbeda. Pengusaha bus lebih fanatik terhadap satu merek dibanding pengusaha truk.

Faustina, Head of Product Management & Marketing PT Daimler Commercial Vehicles Indonesia mengatakan bahwa hal tersebut merupakan hasil observasinya.

Baca juga: Libur Lebaran, Layanan Bus Wisata Gratis Transjakarta Diperpanjang

Product Daimler Commercial Vehicle IndonesiaDOK. DCVI Product Daimler Commercial Vehicle Indonesia

Ada beberapa alasan kenapa perusahaan otobus (PO) lebih fanatik dengan merek kendaraan yang dipilih dibanding truk. Salah satunya soal pelayanan.

"Karena kalau bus itu, yang dibawa kan orang, mereka lebih perlu aman dan di jalan jangan ada apa-apa (mogok)," ucap Faustina kepada Kompas.com di Jakarta beberapa waktu lalu.

Sedangkan untuk pengusaha truk, tidak fanatik dengan merek dan mau mencoba yang baru. Selain itu, yang diangkut juga bukan orang, melainkan barang.

Baca juga: Kakorlantas Buka Kemungkinan Terapkan One Way Selama 24 Jam


"Tapi kalau truk yang saya pelajari kan dia bawa barang. Amit2 di tengah jalan mogok atau gimana, kan barang. Customer truk engga terlalu fanatik, customer bus fanatik banget," kata dia.

Oleh karena itu, sering ditemui PO bus yang lebih senang dengan satu merek, seperti Mercedes Benz di PO Lorena dan Karina. Namun untuk pengusaha truk, armadanya bervariasi, berasal dari merek apa saja.

Namun tidak sedikit juga PO bus yang memakai berbagai merek, seperti PO STJ yang punya armada dengan sasis Hino, Mercedes Benz, Scania, dan Volvo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com