Kompas.com - 29/04/2022, 10:37 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Berdasarkan diskresi kepolisian, rekayasa lalu lintas dari Jalan Tol Jakarta-Cikampek (Japek) sampai Km 414 Gerbang Tol Kalikangkung ditutup mulai pukul 08.30 WIB.

Sebelumnya, one way dan ganjil genap diberlakukan sejak pukul 17.28 WIB yang seharusnya rampung pada pukul 24.00 WIB. Perpanjangan waktu pada hari pertama dilakukan atas diskresi kepolisian dengan pertimbagan tingginya volume lalu lintas dari Jabotabek yang menuju Tol Trans-Jawa.

Untuk hari ini, sebagai hari pertama cuti bersama dalam rangka Hari Raya Idul Fitri 1443 H, masih diprediksi menjadi puncak arus mudik di empat Gerbang Tol (GT) Utama, yaitu GT Cikupa (arah Merak), GT Ciawi (arah Puncak), dan GT Cikampek Utama dan GT Kalihurip Utama (arah Trans Jawa dan Bandung).

Baca juga: Urai Kemacetan, Pengawasan Ganjil Genap Dilaksanakan Tiap Gerbang Tol

Corporate Communication and Community Development Group Head Jasa Marga Dwimawan Heru menyampaikan, prediksi kendaraan meninggalkan Jabotabek melalui empat gerbang tersebut sekitar 264 ribu kendaraan, naik 26 persen terhadap puncak arus mudik pada 2019.

Arus lalu lintas (lalin) di Jalan Tol Jakarta-Cikampek (Japek).Dok. PT Jasa Marga (Persero) Tbk. Arus lalu lintas (lalin) di Jalan Tol Jakarta-Cikampek (Japek).

"Sementara itu untuk prediksi lalu lintas di GT Cikampek Utama hari ini, kendaraan yang meninggalkan Jabotabek menuju arah timur (Trans-Jawa) mencapai 131.520 kendaraan, naik 233 persen dibanding periode normal November 2021 sebesar 39.554 kendaraan," ujar Heru dalam keterangan resminya, Jumat (29/4/2022)

Mulai pukul 09.00 WIB, sudah terpantau sejumlah titik kepadatan di Jalan Tol Japek arah Cikampek, di antaranya Km 48 yang merupakan titik pertemuan lalu lintas Jalan Tol Japek bawah dan Jalan Layang MBZ, serta jelang akses keluar dan masuk rest area Km 57.

Setelah ditutupnya one way, saat ini tengah dilakukan normalisasi jalur yang digunakan untuk one way sebelum akhirnya dapat digunakan untuk menuju arah Jakarta.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.