Kompas.com - 26/04/2022, 08:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah resmi memulai uji coba skema ganjil genap di Jalan Tol Jakarta-Cikampek sejak 25 - 27 April 2022.

Langkah ini jadi simulai sebelum penerapan tiga rekayasa lalu lintas sekaligus, sebagai upaya penanganan arus mudik Lebaran mulai 28 April 2022.

Proses filter kendaraan berpelat nomor genap atau ganjil dilakukan pada dua titik lokasi, yakni Km 10 dan Km 47 Tol Jakarta-Cikampek yang dilakukan mulai pukul 11.00 WIB.

Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo mengatakan, kedua lokasi tersebut dipilih karena cukup strategis, dan sampai saat ini belum ada penambahan titik.

Baca juga: Uji Coba Ganjil Genap, Mobil Tak Sesuai Tanggal Ambil Jalan Arteri


"Sementara masih di dua lokasi tersebut dulu, agar filterisasinya itu tidak menimbulkan hambatan arus lalu lintas," kata Sambodo dalam pesan singkatnya kepada Kompas.com, Senin (25/4/2022).

Pada hari pertama (25/4/2022), berdasarkan keterangan resmi Jasa Marga, untuk skema pemilahan kendaraan dengan pelat ganjil dan genap dilakukan dengan cara berikut ;

uji coba ganjil genapJASA MARGA uji coba ganjil genap

  • Km 10 A Ruas Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Cikampek diberlakukan pemilahan jenis kendaraan golongan kecil berpelat nomor ganjil dapat melintas di Ruas Jalan Tol Layang Mohamed Bin Zayed (MBZ), sedangkan untuk kendaraan berpelat nomor genap diarahkan menggunakan Ruas Jalan Tol Jakarta-Cikampek bawah.
  • Km 47 A Ruas Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Cikampek diberlakukan pemilahan kendaraan berpelat nomor ganjil dapat melanjutkan perjalanan melalui Ruas Jalan Tol Jakarta-Cikampek, sedangkan kendaraan berpelat nomor genap yang menuju arah Cikampek dialihkan melalui Gerbang Tol (GT) Karawang Barat.

Artinya, pada hari ini (26/4/2020), hanya mobil pribadi dengan pelat nomor genap yang bebas melintas. Sementara untuk pelat nomor ganjil akan dialihkan melalui GT Karawang Barat untuk menuju jalan arteri.

Namun demikian, bila terjadi kepadatan lalu lintas saat uji coba, kepolisian akan mengambil diskresi rekayasa lalu lintas berupa contraflow.

Baca juga: 2 Lokasi Pemilahan Kendaraan Saat Uji Coba Ganjil Genap di Tol Japek

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh TMC Polda Metro Jaya (@tmcpoldametro)

 

Untuk jadwal resmi uji coba ganjil genap pada 26-27 April 2022 sebagai berikut ;

  • Selasa, 26 April 2022 Pukul 11.00-13.00 WIB

Dimulai dari Jalan Tol Jakarta-Cikampek Km 47 (Karawang Barat) - GT Palimanan Utama Jalan Tol Cipali Km 188

  • Rabu, 27 April 2022 Pukul 10.00-17.00 WIB

Dimulai dari Jalan Tol Jakarta-Cikampek Km 47 (Karawang Barat) - GT Kalikangkung Jalan Tol Batang-Semarang Km 414

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.