Volume Lalu Lintas di Jakarta Naik 3,33 Persen Selama PPKM Level 2

Kompas.com - 25/04/2022, 19:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Dinas Perhubungan DKI Jakarta mencatat, volume lalu lintas kendaraan di Ibu Kota mencapai 2,15 juta unit per hari pada pemberlakuan PPKM Level 2, atau naik 3,33 persen dibandingkan ketika PPKM Level 3.

Dikatakan Kepala Dinas Perhubungan DKI Syafrin Liputo, data itu didapat dari analisis Google untuk mobilitas masyarakat pada 12-18 April 2022, yang dibandingkan periode 1-7 Maret 2022.

Tercatat, ada tiga titik mobilitas masyarakat yang mendorong peningkatn volume lalu lintas kendaraan, yakni pusat transportasi umum, tempat kerja, dan area permukiman.

Baca juga: Uji Coba Ganjil Genap Mudik 2022, Pelanggar Tetap Dikeluarkan dari Ruas Tol

Sejumlah kendaraan terjebak kemacetan di Tol Jakarta-Cikampek, Bekasi, Jawa Barat, Rabu (16/3/2022). Menurut PT Jasa Marga (Persero) Tbk kemacetan kendaraan menuju Jakarta dari Km 11-200 diakibatkan perbaikan konstruksi jalan dan pengendara dihimbau untuk menggunakan Tol Layang MBZ. ANTARA FOTO/Fakhri Hermansyah/tom.ANTARA FOTO/Fakhri Hermansyah Sejumlah kendaraan terjebak kemacetan di Tol Jakarta-Cikampek, Bekasi, Jawa Barat, Rabu (16/3/2022). Menurut PT Jasa Marga (Persero) Tbk kemacetan kendaraan menuju Jakarta dari Km 11-200 diakibatkan perbaikan konstruksi jalan dan pengendara dihimbau untuk menggunakan Tol Layang MBZ. ANTARA FOTO/Fakhri Hermansyah/tom.

"Kenikan ini seiring peningkatan mobilitas masyarakat dan mulai aktifnya kegiatan harian," kata dia dilansir Antara, Senin (25/4/2022).

Lebih jauh, mobilitas masyarakat meningkat sebesar 3,71 persen di pusat transportasi umum, tempat kerja sebanyak 5,43 persen, naik 1,14 persen di area permukiman.

Kenaikan ini kemudian berdampak terhadap kecepatan lalu lintas rata-rata per hari yang mencapai 30,18 kilometer per jam (kpj). Ini turun 8,67 persen dibandingkan PPKM Level 3 yang mencapai 33,03 kpj.

Sementara jumlah penumpang harian angkutan umum perkotaan selama periode tersebut mencapai 1,11 juta orang per-hari, naik 10,21 persen.

Baca juga: Catat, Ini Titik Rute Mudik Rawan Longsor di Lebak Banten

Menjelang momen Hari Raya Idul Fitri atau lebaran, mulai terlihat kepadatan lalu lintas yang terjadi di sekitar kawasan Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat, pada Sabtu (16/4/2022).Kompas.com/MITA AMALIA HAPSARI Menjelang momen Hari Raya Idul Fitri atau lebaran, mulai terlihat kepadatan lalu lintas yang terjadi di sekitar kawasan Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat, pada Sabtu (16/4/2022).

Meski demikian, ada juga mobilitas masyarakat yang turun selama PPKM Level 2, yakni di ritel dan rekreasi, toko bahan makanan, apotek, serta taman.

Pengamatan volume dan kecepatan lalin itu, dilakukan di 18 titik di DKI Jakarta yaitu kawasan Bundaran Senayan, Cawang Sutoyo, Cempaka Putih, Cipete Raya, Gajah Mada, Hayam Wuruk, JPO Dukuh Atas, Pademangan, dan Panglima Polim.

Kemudian, Jalan Rasuna Said, S Parman, Salemba, Sisingamangaraja, Suryopranoto, Tebet BUMD, Tegal Parang, Thamrin, dan Tomang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.