Kompas.com - 25/04/2022, 17:22 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Pemerintah telah memprediksi puncak arus mudik akan terjadi pada 27-29 April 2022. Bukan cuma mobil ataupun bus, para pemudik motor diperkirakan bakal meramaikan arus mudik Lebaran tahun ini.

Bagi para pemudik motor, agar perjalanan tetap aman dan nyaman harus memperhatikan barang bawaan Anda. Jangan sampai membawa barang berlebih dan memicu terjadinya kecelakaan.

Rendra Kusumah, Kepala Bengkel Astra Motor Center Jakarta mengatakan, bagi pemudik dengan motor matik disarankan membawa barang sesuai dengan dimensi dan kapasitas motor.

Baca juga: Hasil MotoGP Portugal 2022: Quartararo Juara, Drama Tabrakan Mir dan Miller

Pemudik antre menunggu masuk ke kapal Ro-Ro saat puncak arus mudik di Pelabuhan Merak, Cilegon, Banten, Jumat (23/6/2017). Pelabuhan Merak menargetkan 1.438.550 orang akan menyeberangi lintasan Merak-Bakauheni selama Lebaran tahun ini. KOMPAS IMAGES/KRISTIANTO PURNOMOKRISTIANTO PURNOMO Pemudik antre menunggu masuk ke kapal Ro-Ro saat puncak arus mudik di Pelabuhan Merak, Cilegon, Banten, Jumat (23/6/2017). Pelabuhan Merak menargetkan 1.438.550 orang akan menyeberangi lintasan Merak-Bakauheni selama Lebaran tahun ini. KOMPAS IMAGES/KRISTIANTO PURNOMO

Umumnya motor matik menyediakan bagasi yang lapang, beberapa barang bisa ditaruh di tempat itu. Sementara sisanya disarankan agar ditaruh di dek depan atau tengah.

“Jadi selama dimensinya atau kapasitas dari barang tersebut masih muat di depan, sebaiknya di depan atau di tengah,” ujar Rendra, kepada Kompas.com (25/4/2022).

“Karena secara bobot distribusi pembagiannya dia rata, di tengah-tengah. Kalau di boks itu lebih ke barang-barang ringan, seperti jas hujan, dan sebagainya,” kata dia.

Baca juga: Hasil Klasemen MotoGP 2022 Usai GP Portugal, Quartararo Teratas

Sementara itu, buat motor sport atau bebek yang minim kompartemen penyimpanan, tentunya harus mengakali dengan memasang boks tambahan.

“Kalau selama mengikuti beban maksimal yang dianjurkan pabrikan pembuat boks itu aman,” ucap Rendra.

“Karena tiap boks punya load maksimal, diikuti saja anjuran bebannya. Karena kalau kelebihan pengaruhnya ke kestabilan. Motornya bisa kurang nyaman dikendarai,” tutur dia.

Baca juga: Rencana Tarif Gratis saat Gerbang Tol Macet Bergantung Korlantas Polri

Ilustrasi kendaraan pemudik dengan sepeda motor melintas pada musim mudik lebaran.ANTARA FOTO/RAHMAD Ilustrasi kendaraan pemudik dengan sepeda motor melintas pada musim mudik lebaran.

Sementara itu, Danang Hermanto, instruktur Yamaha Riding Academy (YRA) Yogyakarta, menjelaskan beberapa tips berkendara membawa barang dengan motor matik.

Halaman:


Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.