PO Pandawa 87 Tambah 3 Unit Dream Coach, 1 Pakai Livery Baru

Kompas.com - 01/04/2022, 09:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PO Pandawa 87 kembali menambah unit bus baru untuk pariwisata dan Antar Kota Antar Provinsi. Ada tiga unit bus baru PO Pandawa 87 yang dibuat oleh Karoseri Adiputro dengan bodi Jetbus 3+ Dream Coach.

Dream Coach sendiri adalah model bodi bus besar dengan kabin super nyaman. Terdapat 22 bangku yang bisa direbahkan sampai 150 derajat, ditambah sandaran kaki yang panjang membuat penumpang dimanjakan.

Ketiga bus tersebut menggunakan sasis Mercedes Benz OH 1626 space frame. Sasis ini memang menjadi salah satu pilihan untuk bodi Dream Coach karena sudah dilengkapi dengan suspensi udara.

Baca juga: Ramai Bus Pariwisata Ilegal Jelang Mudik, Harga Murah Tanpa Jaminan Keselamatan

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Yohan Setiawan (@yohansetiawan08)

Uniknya, salah satu bus menggunakan livery yang berbeda dibanding PO Pandawa 87 lainnya. Warna yang digunakan tetap biru, namun livery yang digunakan berbeda, kali ini lebih simpel.

Yohan Setiawan, Supervisor Finishing Bus Karoseri Adiputro mengatakan, untuk satu unit yang berbeda tampilannya, ditujukan sebagai angkutan pariwisata.

"Sedangkan dua lagi untuk AKAP," ucap Yohan kepada Kompas.com, Kamis (31/3/2022).

Baca juga: Kisaran Harga Mobil Listrik Hyundai Ioniq 5

Jika dilihat, bagian livery yang baru cukup menarik. Pada bagian samping, tempat yang biasanya ditempel stiker Mercy menjadi gambar wayang.

Begitu juga di bagian samping tidak ada livery seperti ombak yang berwarna putih. Pada livery baru untuk pariwisata, modelnya lebih sederhana.

Untuk bagian kabin, kurang lebih sama dengan Dream Coach pada umumnya. Setiap bangku mendapatkan fasilitas seperti Audio Video On Demand.

Kabin bus akap baru po pandawa 87 Dok. Adiputro Kabin bus akap baru po pandawa 87

Selain itu penumpang juga mendapatkan lampu baca serta USB Port untuk mengisi daya telepon genggamnya. Jangan khawatir soal privasi, setiap bangku dilengkapi dengan gorden.

Fasilitas lain yang bisa dinikmati penumpang adalah toilet yang ada di belakang kabin. Toilet yang digunakan juga cukup mewah, bahkan seperti yang ada di rumah ukurannya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.