Resmi Masuk Indonesia, Toyota Masih Merahasiakan Masa Depan bZ4X

Kompas.com - 28/03/2022, 08:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com -  PT Toyota Astra Motor (TAM) memastikan membawa mobil listrik terbarunya, bZ4X sebagai kendaraan deligasi pada Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20, di Nusa Dua, Bali, November 2022 mendatang.

Tak tanggung-tanggung, dikabarkan bila TAM telah menyiapkan sebanyak 143 unit bZ4X selama perhelatan tersebut. Mobil semuanya diimpor utuh (compltely built-up/CBU) dari Jepang.

Sehingga, total ada 656 mobil listrik yang bakal digunakan deligasi, yang terdiri dari Genesis G80 123 unit, Hyundai Ioniq 5 sebanyak 226 unit, dan Toyota bZ4X 143 unit.

Baca juga: Polisi Sebut Ambulans Kosong Tetap Dapat Prioritas di Jalan Raya

Mobil listrik Toyota bZ4XDok. Insideevs.com Mobil listrik Toyota bZ4X

"Toyota akan support selalu pemerintah, khususnya di Event G20 melalui kendaraan listrik bZ4X," kata Direktur Pemasaran TAM Anton Jimmi Suwandy kepada Kompas.com, Sabtu (27/3/2022).

Namun, Anton belum bisa merinci lebih lanjut rencana dukungan tersebut. Termasuk keberlanjutannya ketika pelaksanaan G20 selesai, apa nantinya akan ditawarkan juga ke pasar dalam negeri atau tidak.

"Ditunggu saja, saya belum bisa katakan sekarang," lanjutnya.

Diketahui bahwa bZ4X merupakan crossover bertenaga listrik baru dari Toyota yang berkolaborasi dengan Subaru, yang menerapkan filosofi e-TNGA.

Dari spesifikasi resmi, crossover listrik murni ini dibekali motor listrik bertenaga 204 Tk dan torsi puncak 265 Nm dengan memanfaatkan baterai lithium-ion berkapasitas 71,4 kWh.

Baca juga: Ratusan Unit Mobil Listrik Toyota bZ4X, Jadi Kendaraan Delegasi G20

Mobil listrik Toyota bZ4XDok. Insideevs.com Mobil listrik Toyota bZ4X

Mobil akan tersedia dalam dua pilihan, yaitu penggerak roda depan atau Front Wheel Drive (FWD) dan semua roda alias All Wheel Drive (AWD).

Pada versi FWD dikatakan tenaganya mencapai dapat 150 kW sementara AWD 160 kW. Keduanya sama-sama menggendong baterai lithium-ion yang diletakkan secara rata di lantai mobil dengan tegangan total 355 volt.

Disebutkan juga bila baterai mobil dapat terisi hingga 80 persen dalam 30 menit dan mampu melaju sampai 450 km dalam sekali pengisian penuh.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.