Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hitung Biaya Perawatan Hyundai Creta sampai 75.000 Km

Kompas.com - 28/03/2022, 10:02 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Hyundai Creta resmi diluncurkan pada ajang pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021. Dalam waktu beberapa bulan saja, mobil ini sudah banyak dipesan.

Sport utility vehicle (SUV) yang satu ini punya desain yang menarik, baik eksterior maupun interiornya. Fitur yang disematkan juga termasuk lengkap untuk di kelasnya.

Baca juga: Seberapa Irit Konsumsi BBM Hyundai Creta Diajak ke Luar Kota?

Performa mesin Smartstream 1.5 L dirasa cukup bertenaga, meskipun belum dilengkapi dengan turbo. PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) juga yakin dengan kualitas Creta yang sudah diproduksi secara lokal.

Test drive Hyundai CretaKompas.com/Adityo Test drive Hyundai Creta

Chief Operating Officer HMID Makmur, mengatakan, standar yang diberikan adalah free service jasa selama 5 tahun. Di luar itu, ada juga paket program tambahan yang bisa dibeli.

Berdasarkan data yang diberikan oleh HMID, pemilik Creta bisa menikmati gratis servis hingga 75.000 km atau 5 tahun. Tapi, bagi yang melakukan pembelian hingga Januari 2022, bisa merasakan pre-booking dengan promo yang menarik.

Baca juga: Hitung Konsumsi BBM Hyundai Creta di Dalam Kota

"Selama masa pre-booking, kita kasih program free maintenance untuk spare part sampai 4 tahun. Masa periode pre-booking ini dari GIIAS 2021 sampai akhir Januari 2022. Tidak diperpanjang," kata Makmur.

Test drive Hyundai CretaKompas.com/Adityo Test drive Hyundai Creta

Untuk 1.000 km pertama atau periode satu bulan sejak mobil diterima, akan mendapatkan gratis pengecekan. Dalam servis pertama ini tidak ada penggantian part apapun.

Pada servis kedua dengan jarak tempuh 15.000 km atau satu tahun, mulai dilakukan pergantian beberapa komponen. Pergantian hanya pada oil filter, cabin air filter, fuel tank air filter, dan oli mesin. Pemilik akan dikenakan biaya Rp 1.038.700.

Eksterior Hyundai CretaKompas.com/Donny Eksterior Hyundai Creta

Kemudian, servis ketiga dilakukan pada 24.000 km atau dua tahun. Pergantian komponen yang dilakukan tidak jauh berbeda seperti servis kedua. Ada tambahan pergantian busi, tapi total biayanya masih Rp 1.038.700.

Lalu, servis keempat dilakukan pada 45.000 km atau tiga tahun. Servis yang dilakukan adalah mengganti oil filter, air cleaner filter, cabin air filter, fuel tank air filter, dan oli mesin. Total biayanya mencapai Rp 1.191.700.

Test drive Hyundai CretaKompas.com/Adityo Test drive Hyundai Creta

Servis kelima dilakukan pada 60.000 km atau 4 tahun. Komponen yang diganti adalah oil filter, cabin air filter, busi, fuel tank air filter, engine oil, dan brake fluid. Total biayanya mencapai Rp 1.445.946.

Sementara servis keenam, dilakukan pada 75.000 km atau 5 tahun. Kali ini, pemesan Creta yang mendapatkan promo pre-booking atau yang membeli paket program tambahan sudah dikenakan biaya. Komponen yang diganti adalah oil filter, cabin air filter, fuel tank air filter, dan oli mesin. Total biayanya mencapai Rp 1.038.700.

Eksterior Hyundai CretaKompas.com/Donny Eksterior Hyundai Creta

Harga tersebut sudah termasuk PPn 10 persen dan dapat berubah sewaktu-waktu. Maka, jika ditotal biaya servis Hyundai Creta sampai 75.000 km atau lima tahun pemakaian adalah Rp 5.753.746.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com