Bahaya Laten Highway Hypnosis Saat Mengemudi Mobil

Kompas.com - 22/03/2022, 15:41 WIB


JAKARTA, KOMPAS.com— Saat mengemudikan mobil, tidak selamanya kondisi pengemudi selalu optimal. Kerap kali pengemudi dilanda berbagai keadaan yang mempengaruhi fisik dan mental, terutama saat perjalanan jauh.

Highway hypnosis menjadi salah satu ancaman yang menimpa pengemudi mobil. Pengemudi mobil yang alami highway hypnosis sangatlah berbahaya bagi keselamatan berkendara.

Highway hypnosis adalah kondisi dimana seseorang kehilangan kesadaran saat mengemudi

Bahkan, fenomena ini menjadi penyebab kecelakaan dalam berkendara. Namun masih banyak yang abai pada gejala highway hypnosis. 

Baca juga: Cerucuk Bambu Sirkuit Formula E Ancol Dinilai Aman, Ini Penjelasannya

Director Training The Real Driving Center (RDC) Marcell Kurniawan mengatakan jika kondisi ini mampu membuat pengendara mobil kehilangan fokus dan kesadarannya.

“Highway hypnosis adalah kondisi dimana seseorang kehilangan kesadaran saat mengemudi. Hal ini disebabkan oleh kondisi jalan yang membosankan atau kelelahan,” katanya pada Kompas.com baru-baru ini.

Marcell menjelaskan, highway hypnosis akan membuat pengemudi kehilangan kesadaran yang mana membuat pengemudi kehilangan kemampuan untuk mengontrol mobil.

Ilustrasi mengantuk sambil berkendara.shutterstock Ilustrasi mengantuk sambil berkendara.


Rasa bosan yang dilanda pengemudi seperti terlalu lama berkendara melewati jalan lurus dan panjang, mendengarkan musik yang berulang dan membosankan mengakibatkan serangan highway hipnosis pada pengemudi mobil.

Tidak hanya itu saja melintasi jalanan dan situasi yang sama secara berulang juga membuat pengemudi alami highway hypnosis. Alih-alih fokus, pengemudi justru melajukan mobil dengan pikiran yang kosong.

Baca juga: PPKM Level 2 Diperpanjang, Ini Aturan Naik Kendaraan Umum di Jakarta

“Faktor lainnya adalah kelelahan atau fatigue yang diabaikan oleh pengemudi,” kata Marcell.

Hal ini tentu sangatlah berbahaya bagi pengemudi saat sedang berkendara dengan kecepatan tinggi. Mobil bisa menabrak objek sekitar atau melaju dengan arah yang tidak tentu.

Marcell menyebutkan jika saat highway hypnosis terjadi, pengemudi akan kehilangan kesadaran dan kehilangan kendali. Dan pada saat ini terjadi, mobil dapat melaju tanpa arah sehingga membahayakan pengemudi dan pengguna jalan lainnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.