Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mungkinkah Yamaha Gelar Balap Satu Merek di Sirkuit Mandalika

Kompas.com - 22/03/2022, 13:41 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

MATARAM, KOMPAS.com - Sirkuit Mandalika sukses menggelar MotoGP Indonesia 2022. Berkat MotoGP juga keberadaan sirkuit ini mulai dilirik oleh kejuaraan lain.

Kendati demikian Yamaha yang punya beberapa program balap seperti Yamaha Cup Race (YCR) dan Yamaha Sunday Race (YSR), mengatakan belum akan memakai sirkuit tersebut.

Antonius Widiantoro, Manager Public Relations, YRA & Community PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), mengatakan, ada beberapa alasan belum tertarik menggunakan Sirkuit Mandalika untuk YSR.

Baca juga: Wacana Pengaspalan Total Sirkuit Mandalika, Ini Kata MGPA

Yamaha Sunday Race kembali digelar Yamaha Indonesia tahun ini, menggabungkan pebalap profesional dan komunitas.KompasOtomotif-Donny Apriliananda Yamaha Sunday Race kembali digelar Yamaha Indonesia tahun ini, menggabungkan pebalap profesional dan komunitas.

"Kalau saat ini kita memanfaatkan sirkuit yang sudah ada dan bisa dipakai yaitu Sentul," kata Anton di Mataram, Lombok, Senin (21/3/2022).

"Kedua untuk akses Sentul jauh lebih mudah. Karena sebagian besar teman-teman komunitas dan penyuka balap selama ini sering pakainya di Sentul. Untuk saat ini Sentul paling pas," ungkapnya.

Adapun untuk YCR, menurut Anton, seperti yang sudah dilakukan selama ini, balap motor bebek satu merek itu lebih banyak memakai sirkuit lokal.

Baca juga: Yamaha Siapkan Kejutan di IIMS 2022

Para peserta balap Yamaha Cup Race 2020 Boyolali, kelas Aerox 155 Standart Open, Minggu (1/3/2020).KOMPAS.com/MOCHAMAD SADHELI Para peserta balap Yamaha Cup Race 2020 Boyolali, kelas Aerox 155 Standart Open, Minggu (1/3/2020).

"Adapun sirkuit lokal banyak dipakai seperti di Semarang Sirkuit Mijen, di Jawa Timur ada Bung Tomo, itu sering dipakai untuk balap juga," kata Anton.

"Tapi sesuai dengan rencana Yamaha sendiri yang biasa kita lalukan untuk sunday race atau endurance festival saat ini masih di Jakarta. Kita tidak tahu apakah di Mandalika ini bisa dipakai untuk umum selain perhelatan besar (MotoGP dan WSBK) itu belum tahu," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com