Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lalu Lintas dari Puncak ke Jakarta Padat, Polisi Berlakukan Satu Arah

Kompas.com - 06/03/2022, 15:51 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

BOGOR, KOMPAS.com – Lalu lintas di jalur Puncak, Bogor, Jawa Barat, terpantau ramai pada Minggu (6/3/2022). Satlantas Polres Bogor mulai menerapkan sistem one way atau satu arah dari arah Puncak menuju Jakarta mulai siang ini.

Hal ini dilakukan guna memperlancar proses arus balik wisatawan yang akan meninggalkan kawasan Puncak.

“Sudah mulai one way arah Jakarta. Kendaraan menuju Puncak disetop dulu,” ujar KBO Lantas Polres Bogor Iptu Ketut Lasswanjana disitat dari NTMC Polri (6/3/2022).

Baca juga: Lewati Tanjakan Pakai Mobil Matik, Penting Pahami Teknik Kickdown

Polisi mengatur lalu lintas saat terjadi kepadatan kendaraan di jalur wisata Puncak, Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Minggu (27/2/2022). Tingginya antusiasme masyarakat untuk berwisata pada libur akhir pekan dan libur Isra Miraj Nabi Muhammad SAW, mengakibatkan kepadatan kendaraan di jalur Puncak Bogor sehingga Satlantas Polres Bogor melakukan rekayasa buka tutup jalur untuk mengurai kepadatan kendaraian.ANTARA FOTO/YULIUS SATRIA WIJAYA Polisi mengatur lalu lintas saat terjadi kepadatan kendaraan di jalur wisata Puncak, Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Minggu (27/2/2022). Tingginya antusiasme masyarakat untuk berwisata pada libur akhir pekan dan libur Isra Miraj Nabi Muhammad SAW, mengakibatkan kepadatan kendaraan di jalur Puncak Bogor sehingga Satlantas Polres Bogor melakukan rekayasa buka tutup jalur untuk mengurai kepadatan kendaraian.

Ketut mengatakan arus lalu lintas di Jalan Raya Puncak sejak pagi ini terpantau ramai lancar. Meski begitu, volume kendaraan yang menuju puncak bahkan disebut menurun dibanding pekan lalu.

Namun one way dianggap perlu diterapkan mencegah kepadatan lalu lintas, khususnya buat kendaraan yang mengarah ke Jakarta.

“Tentunya sistem one way rencananya kita laksanakan dari jam 11.30 WIB untuk arah Jakarta. Mengingat biasanya yang menginap ini kan check out jam 13.00 WIB,” ucap Ketut.

Baca juga: Honda Supra GTR Terbaru, Harga Tembus Rp 28 Jutaan

Kepadatan kendaraan menuju jalur wisata Puncak di Ciawi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Minggu (27/2/2022). Tingginya antusiasme masyarakat untuk berwisata pada libur akhir pekan dan libur Isra Miraj Nabi Muhammad SAW, mengakibatkan kepadatan kendaraan di jalur Puncak Bogor sehingga Satlantas Polres Bogor melakukan rekayasa buka tutup jalur untuk mengurai kepadatan kendaraian.ANTARA FOTO/YULIUS SATRIA WIJAYA Kepadatan kendaraan menuju jalur wisata Puncak di Ciawi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Minggu (27/2/2022). Tingginya antusiasme masyarakat untuk berwisata pada libur akhir pekan dan libur Isra Miraj Nabi Muhammad SAW, mengakibatkan kepadatan kendaraan di jalur Puncak Bogor sehingga Satlantas Polres Bogor melakukan rekayasa buka tutup jalur untuk mengurai kepadatan kendaraian.

“Nah jadi sebelum mereka check out kita sudah persiapkan dengan one way. Jadi ketika mereka keluar sudah one way, sehingga arus tidak tersendat,” kata dia.

Saat ini kendaraan yang menuju Jakarta dibiarkan melintas. Sementara itu kendaraan yang menuju kawasan Puncak tampak disetop di beberapa titik.

Untuk kendaraan yang datang dari arah Ciawi menuju Puncak, disetop di Jalan Raya Gadog-Ciawi atau sekitar 200 meter dari Simpang Gadog menuju Puncak.

Baca juga: Hasil Kualifikasi MotoGP Qatar, Jorge Martin Raih Pole Position

Petugas kepolisian menerapkan pola rekayasa lalu lintas sistem one way atau satu arah ke bawah Jakarta di Simpang Gadog, Ciawi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Sabtu (1/1/2022).KOMPAS.COM/AFDHALUL IKHSAN Petugas kepolisian menerapkan pola rekayasa lalu lintas sistem one way atau satu arah ke bawah Jakarta di Simpang Gadog, Ciawi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Sabtu (1/1/2022).

Adapun kendaraan tujuan Puncak via Tol Jagorawi, disetop di Km 46 selepas GT Ciawi atau sekitar 2 kilometer menjelang Simpang Gadog.

Namun tampak pengendara roda dua masih memaksa masuk menuju kawasan Puncak melalui jalur-jalur alternatif. Tidak sedikit pula terlihat pemotor yang melawan arus menuju Puncak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com