Bolehkah Isi Powerbank di Kabin Mobil?

Kompas.com - 06/03/2022, 15:21 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kejadian kebakaran bus di Jalan Tol Pandaan-Malang Kilometer 61 arah Malang, Jawa Timur, Minggu (6/3/2022), memberikan pelajaran agar tidak sembarang menggunakan arus daya yang tidak sesuai pada kendaraan.

Tak terkecuali pada mobil pribadi yang juga sudah dilengkapi dengan soket pengisian daya.

Soket ini bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan pengisian daya, mulai dari baterai ponsel, powerbank hingga laptop.

Lantas amankan melakukan pengisian daya tersebut di kabin mobil?

Baca juga: Bus Terbakar di Tol Pandaan-Malang, Diduga karena Ngecas Powerbank

Dealer Technical Support Dept. Head PT. Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi mengatakan, mengisi daya powerbank di mobil sebetulnya aman untuk dilakukan, hanya saja harus tetap diawasi ketika melakukan pengisian daya,

“Untuk powerbank menurut saya aman saja, karena sudah dilengkapi dengan sekring, namun tetap diawasi saat charge. Tetapi kalau mau charger laptop sebaiknya menggunakan inverter dari DC ke AC,” ucap Didi saat dihubungi Kompas.com, Minggu (6/3/2022).

Ilustrasi power outlet, lighter port, pengisi daya pada kendaraanblogpspot Ilustrasi power outlet, lighter port, pengisi daya pada kendaraan

Namun Didi menegaskan, bahwa hal tersebut tidak dianjurkan. Pasalnya, kelistrikan di dalam mobil tidak stabil kadang naik dan turun, sehingga bisa merusak powerbank itu sendiri.

Selain itu, penggunaan power output untuk mengisi powerbank bisa memengaruhi masa usia aki.

Baca juga: Kasus Kecelakaan Bus di Tol Surabaya, Ini Pentingnya Sekat Ruang Sopir

“Walaupun kemungkinan sangat kecil, bahaya atau risiko itu tetap ada. Kalaupun terpaksa, jangan terlalu lama,” kata dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.