Kompas.com - 02/03/2022, 15:21 WIB


JAKARTA, KOMPAS.com - Tren modifikasi kendaraan roda empat sata ini banyak dilakukan oleh pecinta otomotif. Alirannya pun beragam, ada yang restorasi penuh, bergaya balap, simpel, bahkan sampai melakukan ubahan total pada tampilan mobilnya.

Seperti Toyota Mark X milik seorang wirausaha bernama Devan. Pria yang memiliki hobi di bidang otomotif ini sengaja membeli Toyota Mark X lantaran menjadikan sebuah sedan,

“Dari lama saya memang sangat senang mendalami hobi otomotif, dari zaman SMA lebih tepatnya. Saat itu saya memiliki keinginan untuk membangun sebuah sedan, dan munculah Mark X ini di salah satu iklan,” ucap Devan saat dihubungi Kompas.com, Rabu (2/3/2022).

Baca juga: Anak Peternak Domba Modifikasi Jimny SJ410 Jadi Sierra Demi Sang Ayah

Devan mengaku, dirinya memang sudah lama mengincar Toyota Mark X untuk menjadi bahan modifikasi.

“Selain memang memenuhi syarat yakni sebuah sedan, Mark X juga memiliki daya tarik yang unik. Karena kan mobil ini diproduksi Toyota untuk pasar Asia yang di seleksi oleh Toyota sendiri, seperti Jepang, China, dan beberapa negara di Asia selatan. Maka itu, mendengar kabar mobil ini mendarat di tanah air, menjadi alasan yang kuat juga untuk membantu saya memilih mobil ini,” kata dia.

Toyota Mark XDevan - HnFMedia Toyota Mark X
Toyota Mark X milik Devan mengusung modifikasi bergaya stance dengan sentuhan VIP style (dalam kultur jepang disebut "bippu car”).

“Kalau ditanya kenapa aliran tersebut, bagi saya, mobil sedan yang ukurannya medium atau lebih panjang lagi memang sudah cocok diaplikasikan aliran yang sedemikian rupa,” ucap Devan.

Untuk bagian eksterior, Devan melakukan ubahan pada warna body, wide body, full facelift. Sementara pada bagian interior, meliputi retrim jok kulit, tuas transmisi diganti pegangan pedang, serta sektor kaki-kaki seperti fully adjustable camber kit yang membuat velg bisa diatur kemiringannya, air suspension, dan sedikit di bagian mesin di bagian knalpot.

Toyota Mark XDevan - HnFMedia Toyota Mark X

Adapun proses modifikasi mobil yang dikenal dengan sebutan Godzilla ini dimulai sejak tahun 2016 sampai 2017 akhir. Sementara menyoal biaya, Devan mengatakan butuh biaya kurang lebih Rp 200 juta.

“Kalau untuk biayanya kurang lebih sekitar Rp 200 juta. Mencangkup seluruh modifikasi yang pernah saya pasang atau ganti,” ucapnya.

Baca juga: Rekayasa Digital Retro Klasik Kawasaki Meguro 250

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.