Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Istilah Full Paper dan No Paper Saat Beli Motor Bekas

Kompas.com - 28/02/2022, 09:42 WIB
M. Adika Faris Ihsan,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Membeli sepeda motor bekas umum dilakukan dengan beragam motivasi. Ada yang membeli motor bekas karena memiliki dana terbatas, ada pula yang memang mengincar model motor yang sudah tidak dipasarkan lagi sebagai hobi.

Selain itu, ada pula yang membeli sepeda motor bekas dengan alasan untuk dijadikan bahan modifikasi. Sebab, sebagian orang beranggapan memodifikasi motor baru dirasa sayang.

Ketika akan membeli motor bekas, ada sejumlah istilah yang umum disebut ketika hendak bertransaksi. Beberapa istilah tersebut antara lain adalah full paper dan no paper.

Baca juga: Ariel NOAH Pakai Shogun, Berapa Kisaran Biaya Restorasinya?

Ilustrasi motor sport 250 cc di diler motor bekas.GridOto.com Ilustrasi motor sport 250 cc di diler motor bekas.

"Full paper itu sudah pasti resmi. Ada surat-suratnya lengkap, seperti STNK, BPKB, dan faktur, pokoknya komplet," kata Aditya Wicaksana dari diler Mad Max Big Bikes, kepada Kompas.com belum lama ini.

Sementara itu, istilah no paper biasanya digunakan untuk jual beli sepeda motor tanpa dilengkapi surat-surat kepemilikan atau kerap disebut motor bodong. Dalam berbagai bursa motor bekas daring, penjualnya kerap menulis dengan singkatan 'NP'.

"Tapi, ada juga yang menggunakan istilah 'go green'. Kalau NP, sebagian menilai terlalu vulgar. Jadi, diganti dengan 'go green', karena tidak menggunakan surat-surat," ujar Aditya menambahkan.

Selain full paper dan no paper, ada pula istilah STNK only atau biasa disingkat jadi 'ST'. Istilah ini bermakna bahwa sepeda motor tersebut dijual hanya dengan STNK saja tanpa BPKB.

Baca juga: Ini Helm Mahal yang Dipakai Ariel NOAH Saat Naik Suzuki Shogun

Salah satu unit RX-King yang dijual oleh WistanaWistana Salah satu unit RX-King yang dijual oleh Wistana

Sementara itu, Wistana selaku pengusaha jual beli motor Yamaha RX-King turut menyebutkan istilah lain terkait kelengkapan dokumen dalam jual beli sepeda motor bekas.

Untuk model RX-King, umum terjadi transaksi jual beli secara peretelan yang biasa disebut 'jual dokumen'. Istilah ini bermakna jual beli sepeda motor hanya berupa rangka, crankcase yang mencantumkan nomor mesin, STNK, dan BPKB.

'Jual dokumen' akan cocok bagi para pehobi otomotif roda dua yang hendak membangun sepeda motornya sendiri tapi tetap memiliki dokumen yang sah dan sesuai. Perakitan motor termasuk pemilihan warna bodi tinggal menyesuaikan data identitas pada surat-surat tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com