Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Jalan Licin karena Tanah, Pengendara Motor Bawa Ayam Jatuh Terpeleset

JAKARTA, KOMPAS.com - Seorang pengendara sepeda motor jatuh karena jalan licin. Pengendara tersebut jatuh karena kondisi jalan licin akibat tanah berceceran dari aktivitas truk pengangkut.

Dalam video yang diunggah akun Instagram Jakarta Terkini, terlihat pengendara motor ialah ibu-ibu yang mengangkut barang dagangan berupa ayam potong, sedang dibantu beberapa pria.

Kejadian pengendara motor terpeleset karena jalan licin bukan sekali-dua kali terjadi. Jalan licin karena tanah, pasir, atau ceceran oli merupakan momok dan membuat banyak pengendara motor terjatuh.

"Pengendara harus fokus melihat jauh ke depan agar dapat melihat obyek atau potensi kecelakaan yang dapat terjadi seperti tumpahan minyak atau oli. Nah, ketika melewati jalan tersebut maka usahakan untuk tidak melakukan pengereman mendadak," kata Agus.

Jangan menggunakan rem depan, apalagi secara mendadak. Sebab, penggunaan rem depan di jalan licin sangat berisiko membuat ban motor tergelincir.

"Gunakan rem belakang untuk memperlambat laju motor, lalu jaga keseimbangan apabila ban motor tiba-tiba mengalami selip akibat jalan licin tersebut," ucapnya.

Agus mengungkapkan bahwa umumnya pengendara bisa terjatuh ketika melewati jalan licin akibat tidak siap melakukan antisipasi sehingga mudah panik.

Saat dalam kondisi panik ini biasanya pengendara melakukan pengereman secara mendadak. Padahal, tindakan itulah yang membuat pengendara mudah jatuh.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/02/22/074200715/jalan-licin-karena-tanah-pengendara-motor-bawa-ayam-jatuh-terpeleset

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke