Mau Beli Honda Civic Estilo, Segini Biaya Peremajaannya

Kompas.com - 21/02/2022, 18:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Honda Civic Estilo jadi salah satu mobil hatchback tahun 1990-an yang tengah diburu para pecinta otomotif hingga saat ini. Akibat populasinya yang tidak banyak, harga bekasnya terhitung tinggi untuk mobil di kelasnya.

Apabila berminat memiliki Civic Estilo, hal pertama yang harus diperhatikan adalah kecocokan mesin dengan identitas pada STNK dan BPKB. Mengingat tren modifikasi ganti mesin umum dilakukan pada mobil ini.

Aldana Asca, salah satu anggota komunitas Indonesian Civic Estilo (ICE), menuturkan bahwa selain modal untuk meminang Civic Estilo, dibutuhkan juga dana untuk melakukan peremajaan dan perbaikan di sektor-sektor tertentu.

Baca juga: Alasan Mengapa Harga Honda Civic Estilo Tembus Ratusan Juta

"Untuk mesin dan kaki-kaki kembali ke pemilik sebelumnya, dirawat sesuai atau tidak. Sebetulnya kalau dirawat kaki-kaki dan mesinnya itu awet," ucap Aldana kepada Kompas.com, Senin (21/2/2022).

Honda Civic EstiloOtomotifnet.com/Kyn Honda Civic Estilo

Ia menjelaskan, apabila mesin tidak butuh banyak perbaikan, yang terpenting adalah mengecek sistem pendinginnya, apakah pemilik sebelumnya hanya menggunakan air biasa atau cairan coolant.

Jika butuh perbaikan menyeluruh terhadap sistem pendingin, setidaknya harus menyiapkan dana sekitar Rp 1 juta.

"Kalau benahi mesin itu taksiran Rp 3 juta sampai Rp 6 juta, tergantung tingkat kerusakan yang harus diperbaiki," kata ia melanjutkan.

Baca juga: Urus SIM dan STNK Kini Wajib Punya BPJS Kesehatan

Aldana tidak menampik ada sebagian pemilik Civic Estilo yang menginginkan performa lebih dari hatchback tersebut, sehingga melakukan modifikasi hingga engine swap.

Namun menurutnya selama hanya digunakan untuk mobilitas harian, mesin F-Series SOHC 4 silinder 1.596 cc sudah terbilang cukup mumpuni.

Beralih pada sektor kaki-kaki, umum apabila sedan dan hatchback lawas rakitan Honda memiliki kaki-kaki yang ringkih. Namun Aldana menjelaskan, apabila pemilik sebelumnya memiliki riwayat perawatan yang baik, kaki-kaki Civic Estilo sudah cukup nyaman untuk kebutuhan harian.

Salah satu contoh Honda Estilo standar yang sudah sangat langka di Indonesia.10jarisports.com Salah satu contoh Honda Estilo standar yang sudah sangat langka di Indonesia.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.