Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mau Beli Honda Civic Estilo, Segini Biaya Peremajaannya

JAKARTA, KOMPAS.com - Honda Civic Estilo jadi salah satu mobil hatchback tahun 1990-an yang tengah diburu para pecinta otomotif hingga saat ini. Akibat populasinya yang tidak banyak, harga bekasnya terhitung tinggi untuk mobil di kelasnya.

Apabila berminat memiliki Civic Estilo, hal pertama yang harus diperhatikan adalah kecocokan mesin dengan identitas pada STNK dan BPKB. Mengingat tren modifikasi ganti mesin umum dilakukan pada mobil ini.

Aldana Asca, salah satu anggota komunitas Indonesian Civic Estilo (ICE), menuturkan bahwa selain modal untuk meminang Civic Estilo, dibutuhkan juga dana untuk melakukan peremajaan dan perbaikan di sektor-sektor tertentu.

"Untuk mesin dan kaki-kaki kembali ke pemilik sebelumnya, dirawat sesuai atau tidak. Sebetulnya kalau dirawat kaki-kaki dan mesinnya itu awet," ucap Aldana kepada Kompas.com, Senin (21/2/2022).

Ia menjelaskan, apabila mesin tidak butuh banyak perbaikan, yang terpenting adalah mengecek sistem pendinginnya, apakah pemilik sebelumnya hanya menggunakan air biasa atau cairan coolant.

Jika butuh perbaikan menyeluruh terhadap sistem pendingin, setidaknya harus menyiapkan dana sekitar Rp 1 juta.

"Kalau benahi mesin itu taksiran Rp 3 juta sampai Rp 6 juta, tergantung tingkat kerusakan yang harus diperbaiki," kata ia melanjutkan.

Aldana tidak menampik ada sebagian pemilik Civic Estilo yang menginginkan performa lebih dari hatchback tersebut, sehingga melakukan modifikasi hingga engine swap.

Namun menurutnya selama hanya digunakan untuk mobilitas harian, mesin F-Series SOHC 4 silinder 1.596 cc sudah terbilang cukup mumpuni.

Beralih pada sektor kaki-kaki, umum apabila sedan dan hatchback lawas rakitan Honda memiliki kaki-kaki yang ringkih. Namun Aldana menjelaskan, apabila pemilik sebelumnya memiliki riwayat perawatan yang baik, kaki-kaki Civic Estilo sudah cukup nyaman untuk kebutuhan harian.

Jika hendak melakukan perbaikan pada sektor tersebut, ia menyebutkan kisaran dana Rp 3 juta untuk berbagai komponen karet yang ada, dan Rp 3 juta lagi untuk shockbreaker atau peredam kejut.

Berbicara mengenai ketersediaan suku cadang di pasaran, Aldana mengatakan bahwa memang betul tidak sulit mencari spareparts untuk perbaikan Civic Estilo. Mengingat hatchback ini saling berbagai komponen yang serupa dengan Civic Genio, kembarannya di segmen sedan.

"(Suku cadang) sama, kecuali di interior dan beberapa bagian (ada yang berbeda)," ujarnya.

"Cuma kalau mencari spareparts yang benar-benar OEM asli itu memang susah. Biasanya ya subtitusi (dari Civic Genio) atau KW Thailand, tergantung masing-masing bengkel dan pemilik mobilnya," kata Aldana.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/02/21/181200515/mau-beli-honda-civic-estilo-segini-biaya-peremajaannya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke