Marc Marquez Hampir Pensiun karena Diplopia

Kompas.com - 21/02/2022, 13:21 WIB
|


JAKARTA, KOMPAS.com - Dua tahun terakhir merupakan fase sulit buat Marc Marquez. Secara psikologis pebalap Repsol Honda itu menderita secara mental dan fisik.

Pada 2020 dia mengalami kecelakaan patah lengan kanan dan butuh waktu lama untuk penyembuhan. Sedangkan di penghujung musim 2021 dia mengalami masalah penglihatan ganda.

Pebalap asal Spanyol itu mengatakan, masalah diplopia jauh lebih parah ketimbang lengannya. Di atas kertas dia masalah penglihatan yang dapat membuatnya pensiun dini jadi pebalap.

Baca juga: Hasil Tes Konsumsi BBM Yamaha Fazzio Hybrid Buat Harian

Pembalap Repsol Honda Team MotoGP Marc Marquez memacu sepeda motornya pada hari pertama tes pramusim MotoGP 2022 di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, NTB, Jumat (11/2/2022). Sesi tes pramusim di sirkuit Mandalika tersebut akan berlangsung hingga Minggu (13/2/2022).ANTARA FOTO/ANDIKA WAHYU Pembalap Repsol Honda Team MotoGP Marc Marquez memacu sepeda motornya pada hari pertama tes pramusim MotoGP 2022 di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, NTB, Jumat (11/2/2022). Sesi tes pramusim di sirkuit Mandalika tersebut akan berlangsung hingga Minggu (13/2/2022).

"Penglihatan ganda jauh lebih buruk daripada cedera tulang dengan rasa sakit," kata Marquez dalam wawancara dengan 'Cadena SER' mengutip Motorsport-Total.com, Senin (21/2/2022).

Sebab cedera tulang akan sembuh dari waktu ke waktu, tapi jika saraf terluka maka itu cerita lain. Apalagi dia sudah mengalami masalah yang sama pada 2011 lalu.

Pada 2011 Marc harus menjalani operasi mata setelah terjatuh saat masih di kelas Moto2. Baik dulu dan sekarang dia ditangani oleh orang yang sama yaitu Dokter Bernat Sanchez.

“Dia selalu sangat lugas dan terbuka dengan saya,” kata Marc.

Marc mengatakan ada tiga opsi. Pertama operasi sukses, dia bisa balapan dan hidupnya normal. Kedua dia tidak bisa balapan tapi hidupnya normal, dan ketiga tidak bisa balapan dan matanya tetap berbayang.

Baca juga: Ulik Tongkrongan Xpander Sport CVT, Apa Bedanya dengan Ultimate?

Pembalap Repsol Honda Team MotoGP Marc Marquez bersiap menuju garasi tim pada hari kedua tes pramusim MotoGP 2022 di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, NTB, Sabtu (12/2/2022). Sesi tes pramusim di sirkuit Mandalika tersebut akan berlangsung hingga Minggu (13/2/2022). ANTARA FOTO/Andika Wahyu/rwa.ANDIKA WAHYU Pembalap Repsol Honda Team MotoGP Marc Marquez bersiap menuju garasi tim pada hari kedua tes pramusim MotoGP 2022 di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, NTB, Sabtu (12/2/2022). Sesi tes pramusim di sirkuit Mandalika tersebut akan berlangsung hingga Minggu (13/2/2022). ANTARA FOTO/Andika Wahyu/rwa.

"Kami akan menunggu tiga bulan. Jika tidak sembuh, maka ada operasi dan butuh tiga bulan lagi. Jika operasi ini tidak berhasil, Anda tidak akan memiliki penglihatan untuk balapan, tetapi Anda dapat memiliki kehidupan yang normal," ungkap Marc.

"Jika Anda memiliki penglihatan ganda, Anda tidak dapat memiliki kehidupan yang normal. Olahraga (balapan) kemudian menjadi yang kedua," katanya.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.