Kompas.com - 16/02/2022, 11:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pendingin udara atau air conditioner (AC) pada mobil merupakan salah satu bagian yang cukup penting untuk menunjang kenyamanan berkendara. Untuk itu, penting juga mengetahui cara pengoperasian dan merawatnya.

AC pada mobil tidak hanya dapat menyejukkan kabin saja. AC juga berfungsi untuk mengusir embun di kabin ketika berkendara dalam kondisi hujan.

Baca juga: Cara Gampang Merawat AC Mobil agar Tetap Dingin

Pada umumnya, AC dinyalakan saat kondisi mesin mobil juga hidup. Urutannya adalah menyalakan mesin dulu, baru kemudian menyalakan AC.

Ilustrasi AC mobilKompas.com/Fathan Radityasani Ilustrasi AC mobil

Sebab, untuk menyalakan AC butuh tenaga listrik yang besar. Namun, tidak sedikit pemilik mobil yang membiarkan posisi AC dalam posisi menyala saat kondisi mesin mati.

Kelvin Ong, Business Development Rotary Bintaro, menjelaskan, menyalakan AC dalam kondisi mesin mati tidak akan berpengaruh terhadap kompresor. Namun, akan berdampak pada komponen lainnya di luar komponen AC, seperti sumber arus listrik, yaitu aki dan alternator.

Baca juga: Ciri-ciri Komponen AC Mobil Harus Diganti

“Ketika mobil mau dinyalakan butuh tenaga yang cukup tinggi. Jika AC dalam posisi menyala maka daya ke magnet kompresor menjadi lebih besar,” ujar Kelvin, kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

AC mobil perlu dirawat minimal 6 bulan sekali untuk mengantisipasi bau tak sedap.KompasOtomotif-Donny Apriliananda AC mobil perlu dirawat minimal 6 bulan sekali untuk mengantisipasi bau tak sedap.

Dealer Technical Support Dept Head PT Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi mengatakan, menyalakan AC dalam kondisi mesin mobil mati akan menyedot arus dari akumulator.

“Tetapi, jika kondisi mesin mati menyalakan AC itu hanya anginnya saja atau blower-nya saja,” kata Didi.

ac mobilKompas.com/Fathan Radityasani ac mobil

Menurut Service Head Auto2000 Bekasi Sapta Agung Nugraha, menyalakan AC dalam kondisi mesin mati akan berdampak dalam jangka panjang.

“Pasalnya banyak komponen penting yang terdapat pada AC, seperti kompresor, kondensor, hingga evaporator,” ujar Sapta.

Sapta menambahkan, dampaknya adalah kinerja AC tidak akan maksimal. Dia juga menyarankan untuk menyalakan AC jika mesin sudah dihidupkan, agar komponen-komponen penting pada AC jadi lebih awet.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.