Bus Baru PO ALS, Pakai Tampilan Jadul

Kompas.com - 10/02/2022, 08:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – PO Antar Lintas Sumatera (ALS) baru saja menambah armada baru. Bus dengan kelir hijau khas PO ALS ini rilis dari Karoseri Adiputro, Rabu (9/2/2022).

PO ALS kembali menggunakan bodi Jetbus 3+ MHD yang dipasang ke sasis Mercedes Benz OH 1626. Untuk spesifikasi yang ada di kabinnya juga cukup sederhana, susunan bangku 2-2 dengan toilet dan sekat smoking room di belakang.

“Selain itu juga dilengkapi dengan sistem audio, dispenser dan wifi,” kata Yohan Setiawan, Supervisor Finishing Bus Karoseri Adiputro kepada Kompas.com, Rabu (9/2/2022).

Baca juga: Update Kecelakaan di Imogiri, KNKT Sebut Bus dalam Keadaan Laik Jalan

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Adiputro Wirasejati (@adiputro_official)

 

Salah satu keunikan dari bus baru PO ALS ini ada pada bagian livery-nya. Biasanya, bus baru PO ALS menuliskan nama PO-nya dengan singkatan. Jadi di bagian lambung bus tertulis “A.L.S” saja.

Sedangkan pada unit terbaru yang kali ini rilis, tulisan di bagian lambung bus adalah kepanjangan dari singkatan ALS, yakni Antar Lintas Sumatera. Jika diperhatikan, tampilan penamaan bus seperti ini bisa ditemui pada bus-bus jadul PO ALS.

Baca juga: Selain LCGC, Ini Daftar Mobil Calon Penerima Insentif PPnBM

Selain itu, di bagian samping belakang juga ada logo Mercedes Benz yang ukurannya besar. Beberapa bus dengan sasis Mercy memang kerap menggunakan livery seperti ini, misalnya Pandawa 87, Juragan 99, dan Gunung Harta.

Keunikan lainnya ada pada pelek yang digunakan. Yohan mengatakan untuk unit terbaru dari PO ALS ini, sudah dipasangkan pelek aluminium merek Alcoa.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.