Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bus Baru PO ALS, Pakai Tampilan Jadul

Kompas.com - 10/02/2022, 08:22 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – PO Antar Lintas Sumatera (ALS) baru saja menambah armada baru. Bus dengan kelir hijau khas PO ALS ini rilis dari Karoseri Adiputro, Rabu (9/2/2022).

PO ALS kembali menggunakan bodi Jetbus 3+ MHD yang dipasang ke sasis Mercedes Benz OH 1626. Untuk spesifikasi yang ada di kabinnya juga cukup sederhana, susunan bangku 2-2 dengan toilet dan sekat smoking room di belakang.

“Selain itu juga dilengkapi dengan sistem audio, dispenser dan wifi,” kata Yohan Setiawan, Supervisor Finishing Bus Karoseri Adiputro kepada Kompas.com, Rabu (9/2/2022).

Baca juga: Update Kecelakaan di Imogiri, KNKT Sebut Bus dalam Keadaan Laik Jalan

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Adiputro Wirasejati (@adiputro_official)

 

Salah satu keunikan dari bus baru PO ALS ini ada pada bagian livery-nya. Biasanya, bus baru PO ALS menuliskan nama PO-nya dengan singkatan. Jadi di bagian lambung bus tertulis “A.L.S” saja.

Sedangkan pada unit terbaru yang kali ini rilis, tulisan di bagian lambung bus adalah kepanjangan dari singkatan ALS, yakni Antar Lintas Sumatera. Jika diperhatikan, tampilan penamaan bus seperti ini bisa ditemui pada bus-bus jadul PO ALS.

Baca juga: Selain LCGC, Ini Daftar Mobil Calon Penerima Insentif PPnBM

Selain itu, di bagian samping belakang juga ada logo Mercedes Benz yang ukurannya besar. Beberapa bus dengan sasis Mercy memang kerap menggunakan livery seperti ini, misalnya Pandawa 87, Juragan 99, dan Gunung Harta.

Keunikan lainnya ada pada pelek yang digunakan. Yohan mengatakan untuk unit terbaru dari PO ALS ini, sudah dipasangkan pelek aluminium merek Alcoa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com