Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa yang Harus Dilakukan Pengemudi Saat Bertemu Hujan Badai?

Kompas.com - 03/02/2022, 11:22 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Kondisi cuaca hujan badai memang kerap terjadi belakangan ini. Hujan dengan angin kencang ini juga bisa membahayakan pengemudi, jadi butuh beberapa penyesuaian ketika berkendara.

Misalnya seperti pada video yang diunggah akun zulfantriadji di Tiktok, terlihat dia sedang mengemudi di jalan tol dalam kondisi hujan angin. Hal ini bisa terlihat dengan banyaknya dedaunan yang gugur bahkan sampai ranting masuk ke jalur tol.

Tentu saja pengemudi harus ekstra hati-hati saat mengemudi di bawah kondisi seperti tadi. Selain berhati-hati, ada dua hal yang perlu dilakukan pengemudi saat bertemu kondisi cuaca yang tidak mendukung di jalan tol.

Baca juga: Bahaya Mengemudi di Jalan Tol Saat Hujan dan Angin Kencang

@zulfantriadji Bismillah semoga semua selamat dari bencana amin allahuma amin.. #tol #surabaya #probolinggo #fyp #fyp??viral ? suara asli - Zulfan Tri Adji

 

Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia Sony Susmana mengatakan, pengemudi harus memikirkan kemampuan dirinya sendiri. Salah satunya mengenai kondisi fisik dan visibilitas saat mengemudi di tengah hujan angin.

“Pikirkan sejauh mana kondisi fisik mampu membaca cuaca buruk. Misalnya mata untuk visibilitas, tangan juga siap untuk lakukan antisipasi dan tidak main HP, begitu juga kaki yang siap-siap mengerem,” ucap Sony kepada Kompas.com, Rabu (2/2/2022).

Selain itu, otak juga harus membayangkan risiko-risiko bahaya yang bisa terjadi ketika menyetir di bawah hujan badai. Paling penting adalah kurangi kecepatan agar sesuai dengan kemampuan pengemudinya.

Baca juga: All New Honda Vario 160 Dibanderol Mulai Rp 25,8 Juta

“Kedua, cari rest area terdekat dan berhenti untuk berlindung dan mengamankan penumpang. Menembus atau memaksakan diri untuk tetap mengemudi di cuaca buruk berpotensi celaka,” kata Sony.

Sony mengatakan, mobil yang dipaksa melalui badai bisa terguling karena terbawa angin yang kecang. Jadi, hindari bahaya dan berhenti ketika pikiran sudah merasa kalau kondisi jalanan dan cuaca sudah tidak kondusif atau aman.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com