Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpanjang di Indonesia, Tol Gedebage-Cilacap Siap Dibangun Akhir 2022

Kompas.com - 31/01/2022, 18:41 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.comJalan Tol Gedebage-Tasikmalaya-Cilacap ditargetkan konstruksi mulai akhir tahun ini. Jalan Tol Gedebage-Tasikmalaya-Cilacap disebut-sebut menjadi ruas tol terpanjang di Indonesia.

Johannes Mancelly, Direktur Utama PT Jasamarga Gedebage Cilacap (JGC), mengatakan, jalan Tol Gedebage Tasikmalaya-Cilacap memiliki total panjang 206,65 Km, dengan nilai investasi sebesar Rp 56 Triliun dan masa konsesi selama 40 tahun.

“Jalan Tol Gedebage-Tasikmalaya-Cilacap nantinya akan melintasi dua provinsi sekaligus, yaitu Provinsi Jawa Barat sepanjang 169,09 Km dan Provinsi Jawa Tengah sepanjang 37,56 Km,” ujar Jo, dalam keterangan resmi (31/1/2022).

Baca juga: Kronologi Bus Tabrak Flyover Simpang Lapan Hingga Atap Terlepas

Waduk Leuwikeris, diketahui nantinya akan menjadi kawasan yang terlintasi jalan Tol Gedebage-Tasikmalaya-Cilacap yang telah menjadi prioritas pembangunan tol Pemerintah Pusat.KOMPAS.COM/IRWAN NUGRAHA Waduk Leuwikeris, diketahui nantinya akan menjadi kawasan yang terlintasi jalan Tol Gedebage-Tasikmalaya-Cilacap yang telah menjadi prioritas pembangunan tol Pemerintah Pusat.

“Dimulai dari titik awal Gedebage Junction di Kabupaten Bandung, Jawa Barat, lalu melewati Majalaya, Garut, Tasikmalaya, Ciamis, Banjar dan Pangandaran, hingga ke wilayah Cilacap, Jawa Tengah, yang pembangunannya terbagi atas empat seksi,” kata dia.

Jo juga menambahkan, pembangunan Jalan Tol Gedebage-Tasikmalaya-Cilacap akan dilakukan dalam dua tahap.

Pembangunan untuk tahap pertama yaitu Seksi 1 dan Seksi 2, yang dimulai dari Junction Gedebage hingga Simpang Susun (SS) Tasikmalaya sepanjang 94,22 Km.

Pembangunan konstruksi untuk tahap pertama ini ditargetkan dimulai pada akhir tahun 2022 dan rampung pada tahun 2024.

Baca juga: Alasan Kenapa Mobil Baru dari Diler Tidak Diisi BBM Penuh

Jalan Tol Gedebage-Tasikmalaya-Cilacap akan dibangun mulai akhir 2022. DOK. PT Jasamarga Gedebage Cilacap Jalan Tol Gedebage-Tasikmalaya-Cilacap akan dibangun mulai akhir 2022.

“Selanjutnya, untuk tahap kedua yaitu Seksi 3 dan Seksi 4, yang dimulai dari SS Tasikmalaya hingga SS Cilacap sepanjang 112,43 Km,” ucap Jo.

Termasuk main road sepanjang 1,3 km pada Seksi 1 yang terkoneksi dengan rencana Jalan Tol Bandung Intra Urban Toll Road (BIUTR).

Di mana main road tersebut ditargetkan dibangun bersamaan saat Jalan Tol BIUTR konstruksi atau selambat-lambatnya pada tahap kedua konstruksi Jalan Tol Gedebage-Tasikmalaya-Cilacap.

“Pembangunan konstruksi untuk tahap kedua sendiri ditargetkan dimulai pada akhir tahun 2027 dan rampung pada tahun 2029,” kata Jo.

Baca juga: Tugas Baru Dani Pedrosa Menanti di Sirkuit Mandalika

Desain pembangunan pintu tol Gedebage KM 149 yang akan menjadi penghubung Tol Padaleunyi dengan Jalan Soekarno-Hatta.KOMPAS.com/Putra Prima Desain pembangunan pintu tol Gedebage KM 149 yang akan menjadi penghubung Tol Padaleunyi dengan Jalan Soekarno-Hatta.

Berikut rincian dari keempat seksi Jalan Tol Gedebage-Tasikmalaya-Cilacap:

- Seksi 1 Junction Gedebage-Garut Utara sepanjang 45,20 Km
- Seksi 2 Garut Utara-Tasikmalaya sepanjang 50,32 Km
- Seksi 3 Tasikmalaya-Patimuan sepanjang 76,78 Km
- Seksi 4 Patimuan-Cilacap sepanjang 34,35 Km

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com