Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bukan Hanya Sekadar Pemanis, Dashcam Bisa Menjadi Alat Bukti di Mobil

Kompas.com - 31/01/2022, 17:01 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Penggunaan kamera di dasbor atau dash camera (dashcam) di mobil bisa menjadi alat bukti saat terjadi suatu hal yang tak diinginkan, seperti kasus penipuan bermodus tabrak lari.

Pasalnya, piranti tambahan tersebut dapat merekam segala aktivitas dan kejadian saat berkendara. Dengan itu, pemilik bisa menjadikan dashcam sebagai alat bukti.

Tetapi sebelum menambah aksesori fungsional itu, pemilik perlu pahami spesifikasinya karena terdapat berbagai tipe dan jenis dashcam di pasar sebagaimana dikatakan GM of After Sales Division PT Mitsubishi Motor Krama Yudha Sales (MMKSI) Boediarto.

Baca juga: Cara Mencegah Agar Kucing Tak Nangkring di Atas Kap Mobil

Salah satu produk dashcam yang ada di Otobursa Tumplek Blek 2018Kompas.com/Setyo Adi Salah satu produk dashcam yang ada di Otobursa Tumplek Blek 2018

"Umumnya dashcam ini diletakkan pada kaca depan mobil dan bertugas merekam segala sesuatu yang terjadi saat mobil sedang melaju di jalan raya," katanya dalam keterangan tertulis, Senin (31/1/2022).

Namun sebenarnya, lanjut dia, ada beberapa tipe dashcam yang tersedia saat ini, mulai dari yang menghadap ke depan, interior mobil, hingga yang punya dua channel yaitu depan dan belakang.

Cara kerjanya sama seperti kamera CCTV yang selalu merekam selama masih menyala dan akan tersimpan ke dalam kartu memori. Khusus di mobil, peranti dashcam ini menggunakan listrik dari colokan lighter yang menghasilkan daya 12V.

Selama mesin mobil menyala, dashcam bakal terus merekam otomatis hingga mobil berhenti dan mesin dimatikan.

Dari berbagai jenis serta model dashcam memiliki fungsi yang berbeda. Jenis yang paling banyak ditemukan adalah dashcam yang berada di depan.

Baca juga: Cerita Bos Jeep Indonesia, Pernah Diusir Gara-gara Terkesima dengan Jeep Orang

Kamera Dasbor Mitsubishi(MMKSI)janlika Kamera Dasbor Mitsubishi(MMKSI)
 

Adapula dashcam dua channel, yang menghadap depan dan belakang. Dashcam jenis ini dapat merekam kejadian baik di depan maupun di belakang mobil secara bersamaan.

"Selain fungsinya yang dapat menjadi alat bukti atas sebuah insiden atau peristiwa di jalan raya, seperti kecelakaan atau musibah, dashcam ini juga bisa membuat Anda terhindar dari pemerasan," kata dia lagi.

Selain itu, jika mobil dilindungi oleh asuransi maka rekaman dari dashcam dapat membantu pihak asuransi menyelidiki penyebab kecelakaan. Jadi akan memperkuat temuan pihak terkait untuk proses klaim.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com