Renault, Nissan, dan Mitsubishi Siapkan 35 Mobil Listrik hingga 2030

Kompas.com - 31/01/2022, 10:31 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Aliansi Renault, Nissan, dan Mitsubishi rupanya bersiap menggempur pasar mobil listrik dengan meluncurkan 35 produk sampai 2030. Hal tersebut diketahui dari presentasi peta jalan bisnisnya.

Trio pabrikan tersebut juga menggelontorkan dana investasi hingga 23 miliar Euro atau sekitar Rp 367,5 triliun, guna merealisasikan proyeknya.

Melansir Paultan, sesuai dengan yang dicanangkan pada 2020, skema yang dipakai akan mengusung pemimpin-pengikut dengan menerapkan beberapa kesamaan melalui integrasi platform, produksi, powertrain, sampai segmentasi kendaraan.

Baca juga: Mobil Listrik Mungil dari Aliansi Nissan-Mitsubishi Meluncur 2022

Ide atau skema tersebut diambil agar bisa mereduksi biaya produksi, termasuk soal komponen yang akan digunakan antar model dari aliansi tersebut. Namun, ditegaskan tetap akan ada perbedaan dari segi desain.

Roadmap moibl listrik Renault, Nissan, dan MitsubishiPAULTAN Roadmap moibl listrik Renault, Nissan, dan Mitsubishi

Misal seperti platform umum untuk segmen C dan D, akan mengusung lima model dari tiga merek, termasuk Nissan Qashqai dan X-Trail, Mitsubishi Outlander, Renault Austral, dan SUV tujuh penumpang yang akan datang.

Ketiganya juga akan meningkatkan penggunaan platform umum pada tahun mendatang dari 60 persen jadi lebih dari 80 persen dari 90 model gabungan pada 2026. Hal ini termasuk dua model baru Mitsubishi yang akan mendarat di pasar Eropa.

Selanjutnya, bergulir ke model-model mobil listrik yang menggunakan lima platform, yakni CMF-BEV, CMF-AEV, CMF-EV, KEI-EV, dan LCV-EV.

Baca juga: Nissan Bekali X-Trail dengan e-Power

Untuk CMF-AEV sendiri diklaim sebagai platform paling terjangkau saat ini. Sementara CMF-EV digadang-gadang sebagai platform mobil listrik global yang sudah disematkan pada Nissan Ariya EV dan Renault Megane E-tech Electric.

Platform CMF-EV akan digunakan pada 15 model hingga 2030. Sementara LCV-EV akan digunakan pada model-model listrik kendaraan komersial, seperti Renault Kongoo dan Nissan Townstar.

Roadmap moibl listrik Renault, Nissan, dan MitsubishiPAULTAN Roadmap moibl listrik Renault, Nissan, dan Mitsubishi

KEI-EV digunakan untuk mobil kecil layaknya kei-car yang sudah diadopsi Nissan dan Mitsubishi. Sedangkan CMF-BEV akan diterapkan pada 2024 untuk mobil-mobil compact yang diklaim memiliki kinerja aerodimanis tinggi.

Platform akan diproduksi sebanyak 250.00 unit per tahun untuk Nissan dan Renulat. Kandidat yang akan menggunakannya seperti Renault R5 serta mobil listrik baru yang menggantikan Nissan Micra.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.