Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kerja Sama Mobil Listrik, Honda Terbuka untuk Membentuk Aliansi Baru

Kompas.com - 19/07/2021, 09:22 WIB
Dio Dananjaya,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Peta persaingan mobil listrik dunia begitu dinamis. Honda yang sebelumnya terlihat santai, kini mulai memikirkan bagaimana mengembangkan mobil listrik yang menguntungkan.

Hal ini diungkap oleh Kepala Eksekutif Honda Motor Co., Toshihiro Mibe. Dia bahkan bersedia membentuk aliansi baru untuk memproduksi battery electric vehicle (BEV).

Seperti diketahui, belakangan industri otomotif tengah berada dalam tekanan untuk memenuhi permintaan kendaraan yang lebih bersih, sekaligus memiliki harga jual yang terjangkau.

Baca juga: Ini Syarat Perjalanan ke Luar Kota Saat Libur Idul Adha

Ilustrasi aliansi Honda dan GMgm.com Ilustrasi aliansi Honda dan GM

“Jika melalui aliansi Honda dapat mencapai lebih awal apa yang seharusnya menjadi tujuan, maka kami akan bersedia untuk membentuk aliansi,” ujar Mibe, seperti dikutip dari Reuters (19/7/2021).

Honda mengatakan pihaknya bertujuan untuk meningkatkan rasio kendaraan listrik dan FCV menjadi 100 persen dari semua penjualan pada tahun 2040.

Mibe menambahkan, bahwa harga kendaraan listrik, seperti peralatan rumah tangga, turun dengan cepat begitu produknya keluar di pasar.

Baca juga: Bus Single Glass Tren Lagi, Apa Kelebihannya?

Honda e:Prototype yang digadang-gadang menjadi HR-V versi listrikCARSCOOPS.com Honda e:Prototype yang digadang-gadang menjadi HR-V versi listrik

“Membangun aliansi akan menjadi arahan besar dalam hal peningkatan jumlah kendaraan listrik, mengingat elektrifikasi saat ini tidak layak secara komersial,” kata Mibe.

Sebelumnya, Honda dan mitra aliansinya, General Motors Co., berencana memperkenalkan dua model kendaraan listrik berukuran besar yang dikembangkan bersama di Amerika Utara pada 2024.

Model ini akan menggunakan baterai Ultium GM. Kedua perusahaan ini juga akan meluncurkan serangkaian model baru kendaraan listrik dengan platform yang dijuluki 'e:Architecture'.

Baca juga: Kecelakaan Fatal, Mantan Bos Jeep Indonesia Tuntut Prinsipal Fiat Chrysler

Pabrik Honda Kumamoto Honda.com Pabrik Honda Kumamoto

Honda - GM telah berkolaborasi dalam kendaraan otonom serta teknologi kendaraan sel bahan bakar (FCV), dan sedang menjajaki lebih banyak cara untuk memperluas aliansi mereka.

Honda juga berencana meluncurkan kendaraan listrik murni pertama yang diproduksi secara massal pada Agustus 2021.

"Honda dapat membedakan dirinya dalam perlombaan elektrifikasi dengan baterai generasi berikutnya untuk kendaraan listrik," kata Mibe.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com