Apa Itu Fitur Auto Hold di Mobil Matik dan Cara Kerjanya?

Kompas.com - 24/01/2022, 18:01 WIB


JAKARTA, KOMPAS.com— Mobil keluaran terbaru kian gencar dilengkapi fitur-fitur canggih. Auto hold kini menjadi fitur yang terpasang di beberapa mobil transmisi matik.

Umumnya, fitur canggih ini hanya terdapat di mobil transmisi keluaran terbaru. Oleh karena itu, masih banyak yang belum mengetahui fungsi dari auto hold.

“Auto hold atau ada yang menyebutnya brake hold adalah fitur keamanan dan kenyamanan berkendara, jika kita memanfaatkan fitur ini maka akan memudahkan kita saat berkendara,” kata spesialis mobil matic dari Worner Matic Hermas Efendi Prabowo.

Baca juga: Cara Cegah Mobil Alami Rem Blong, Hindari Kebiasaan Ini

Hermas menjelaskan, jika fitur auto hold di mobil matik akan membantu saat berada di medan yang kurang aman. Misalnya saat mobil harus dia saat berada di tanjakan atau turunan.

Biasanya, pengemudi harus menahan pedal rem dalam jangka waktu tertentu. Oleh karena itu, dengan auto hold pengemudi tidak harus repot menekan pedal rem.

Dengan kata lain fitur ini berfungsi menahan rem secara otomatis ketika kendaraan berhenti. Dengan begitu akan menghindari kejadian mobil meluncur tanpa menginjak rem.

Fitur sangat mudah digunakan tanpa perlu menarik tuas, auto hold dapat diaktifkan hanya dengan menekan tombol yang tersedia di mobil.

Honda HR-V e:HEVheadlightmag.com Honda HR-V e:HEV

Cara kerja dari auto hold yang pertama ialah saat berhenti di tanjakan atau turunan pengemudi harus menginjak pedal rem. Hal itu dikerjakan beriringan dengan menekan tombol auto hold.

Sampai mobil benar-benar berhenti sempurna, akan muncul indikator bahwa auto brake hold telah aktif. Setelah itu lepas rem pelan-pelan, saat itu pula rem akan mengunci otomatis dengan sendirinya.

“Meskipun tidak menginjak rem, mobil tidak akan bergerak baik mundur atau maju saat di turunan,” kata Hermas.

Baca juga: Dasar Hukum Tes Psikologi dalam Pembuatan SIM Baru

Fitur ini memang bertujuan untuk menunjang kenyamanan dan keselamatan berkendara.

Aspek kenyamanannya adalah bagaimana fitur ini membantu pemilik mobil agar tidak bersusah payah menahan rem agar mobil tidak merosot saat di tanjakan atau turunan.

Tidak hanya itu saja, fitur ini juga bisa di pakai stop and go di jalan yang macet agak lama. Dengan mengaktifkan auto hold ini mobil akan bertahan dan tidak akan menyerobot mobil lain.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.