Kompas.com - 24/01/2022, 17:41 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pada mobil dengan sistem gerak four wheel drive (4WD), ada tuas atau kenop yang berfungsi untuk mengoperasikan sistem 4WD. Beberapa mobil tuasnya berbentuk menyerupai tuas persneling, namun dengan kode yang berbeda.

Tuas ini merupakan tuas transfer case. Perpindahan gigi pada tuas ini mengatur distribusi tenaga yang diberikan ke ban mobil. Dengan mobil 4WD, pengemudi bisa memilih untuk menggunakan 4x4 (semua roda) atau 4x2 (dua roda).

Pada tuas transfer case, ada empat simbol atau kode, yaitu 2H (2WD high range), 4L (low range), 4H (4WD high range) dan N (netral).

Baca juga: Mengenal 4 Jenis Sistem Penggerak Mobil 4WD, Andalan Mobil Offroad

Pergantian gigi pada tuas transfer case bisa dilakukan saat mobil sedang berhenti untuk menghindari kerusakan pada mesin.

Pengemudi bisa berpindah ke 4L saat mobil sedang berjalan, dengan catatan kecepatan mobil saat itu tidak melebihi 80 km/jam. Meskipun begitu, beberapa jenis mobil sudah dilengkapi dengan opsi ganti gigi otomatis, sesuai dengan medan yang sedang dilalui mobil.

Berikut ini adalah arti dan fungsi dari masing-masing kode pada tuas transfer case pada mobil 4WD.

Ford Ranger generasi terbaruMOTOR1.COM Ford Ranger generasi terbaru

1. 2H

2H atau 2WD high range berfungsi untuk menyalurkan tenaga ke dua ban belakang mobil.

Pengemudi disarankan untuk menggunakan opsi ini jika sedang berkendara di aspal atau jalanan yang normal. Ini membuat mobil lebih hemat bahan bakar, karena transmisi hanya bekerja di roda belakang.

2. 4H

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.