Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sering Disepelekan, Ingat Rotasi Ban Mobil Itu Penting

Kompas.com - 24/01/2022, 10:42 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ban merupakan salah satu komponen yang paling vital pada kendaraan. Sebab, komponen ini yang bersentuhan langsung dengan permukaan jalan.

Maka itu, keamanan dan kenyamanan selama perjalanan juga ditentukan dari kondisi ban. Berbeda dengan sepeda motor, pada mobil diperlukan rotasi ban.

Baca juga: Gampang, Begini Cara Mudah Memilih Alur Ban Mobil

On Vehicle Test (OVT) Manager PT Gajah Tunggal Tbk Zulpata Zainal, mengatakan, rotasi menjadi salah satu cara untuk melakukan perawatan terhadap ban.

Pentingnya rotasi bankiosban.com Pentingnya rotasi ban

Rotasi ban ini menjadi salah satu cara merawat ban, selain membersihkan, menjaga tekanan udara dan melalui penyemiran ban,” kata Zulpata, kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Zulpata menambahkan, semakin sering pemindahan ban dilakukan maka akan semakin baik karena bisa menjaga umur ban agar bisa lebih panjang.

Baca juga: Hindari Kebiasaan Ban Mobil Nempel di Trotoar Saat Parkir, Ini Alasannya

Rotasi ban mobil diperlukan karena tingkat keausannya berbeda-beda antara masing-masing ban. Meskipun, pergantian keempat ban tersebut dilakukan secara bersamaan.

Ilustrasi proses spooring ban mobil.liveabout.com Ilustrasi proses spooring ban mobil.

Hal ini disebabkan karena perbedaan titik beban kendaraan. Selain itu, cara berkendara juga bisa menyebabkan keausan ban tidak sama.

Rotasi atau pemindahan posisi ban mobil dari satu posisi ke posisi lainnya perlu dilakukan secara berkala dalam periode tertentu.

“Rotasi sangat sangat penting buat ban, ini akan berpengaruh terhadap umur ban. semakin sering ban dirotasi akan semakin bagus,” ujarnya.

Selain melakukan rotasi ban mobil, sebaiknya juga diikuti dengan penyesuaian lainnya, yakni pengecekan kelurusan roda atau spooring.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com