Toyota Ikut Terdampak Krisis Cip Semikonduktor di 2022

Kompas.com - 21/01/2022, 20:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Masuk 2022, krisis cip semikonduktor masih jadi masalah serius bagi industri otomotif yang belum rampung. Kelangkaan cip turut memberikan dampak terhambatnya produksi kendaraan bermotor di tahun ini.

Toyota menjadi salah satu produsen kendaraan roda empat yang ikut merasakan dampak negatif dari krisis ini. Toyota Motor Corporation terpaksa harus memangkas produksi pada Februari 2022 guna mengatasi kelangkaan tersebut.

Pabrikan Three Ovals ini akan memasang target produksi 700.000 unit kendaraan di Februari 2022, lebih rendah 150.000 unit dari target awal mereka untuk bulan tersebut.

Baca juga: Sah, Daihatsu Mulai Turunkan Harga Ayla dan Sigra

Diperkirakan, target produksi sebanyak 9 juta unit kendaraan di tahun fiskal April 2021 - Maret 2022 akan sulit dicapai dengan belum selesainya krisis ini.

Ilustrasi pabrik Toyota di Amerika Serikat.asia.nikkei.com Ilustrasi pabrik Toyota di Amerika Serikat.

Apabila ingin benar-benar mengejar target produksi 9 juta unit kendaraan di tahun fiskal ini, Toyota harus bisa memproduksi 1 juta unit pada Maret 2022.

"Capaian 9 juta unit akan sangat sulit," ujar Kazunari Kamakura, Executive Director of Toyota, menyitat Reuters, Jumat (21/1/2022).

Baca juga: Kecelakaan Truk di Rapak Balikpapan, Kenapa Sopir Tidak Buang Badan Truk ke Kiri?

Dikabarkan, Toyota juga akan menangguhkan operasi pada 11 jalur produksi di 8 pabriknya di Jepang mulai Februari mendatang.

Sejumlah model mobil yang diproduksi akan kena dampaknya, di antaranya Toyota GR Yaris, Corolla, RAV4, Harrier, Yaris Cross, dan mobil Lexus seperti UX hingga LS.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Reuters
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.