Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penjualan Yamaha Tembus 1 Juta Unit pada 2021, Ini Model yang Diminati

Kompas.com - 15/01/2022, 08:22 WIB
Dio Dananjaya,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) mencatat, penjualan sepeda motor nasional berhasil mencatat angka 5.057.516 unit sepanjang 2021.

Angka ini naik 38 persen dari tahun sebelumnya, yaitu sebesar 3.660.616 unit. Pertumbuhan positif ini disebut meningkatkan optimisme industri otomotif roda dua untuk memacu kinerja pada tahun 2022.

Melihat data yang dirilis AISI (13/1/2022), Yamaha sanggup meraih penjualan sebanyak 1.063.866 unit. Atau meraih 21 persen pangsa pasar sepeda motor domestik.

Baca juga: Toyota Luncurkan Noah dan Voxy Model Baru, Harga Mulai Rp 300 Jutaan

Test ride Yamaha All New Aerox 155 Connected ABSIstimewa Test ride Yamaha All New Aerox 155 Connected ABS

Antonius Widiantoro, Manager Public Relations, YRA & Community PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), mengatakan, sesuai data yang dirilis AISI, penjualan motor pada tahun lalu didominasi oleh skutik.

“Kalau dilihat sekarang kan contoh motor 150 cc, itu mendominasi. Dan Yamaha mendominasi di kategori 150 cc, terutama di kategori Maxi. Maxi itu ada NMAX, ada Aerox, dan itu menjadi tren,” ujar Antonius, kepada Kompas.com (14/1/2022).

Seperti diketahui, Yamaha punya banyak produk di kelas 150 cc. Bukan cuma skutik, tapi juga motor sport. Motor-motor inilah, yang menurut Anton, mampu mendongkrak penjualan pada tahun lalu.

Baca juga: Awal 2022, Kawasaki Rilis Versys-X 250 dengan Warna Baru

Booth Yamaha di ajang IIMS Moto Bike Expo 2019KOMPAS.com/Dio Booth Yamaha di ajang IIMS Moto Bike Expo 2019

Meski begitu, untuk kelas entry level diklaim tak kalah menarik. Yamaha Gear 125 yang meluncur pada akhir 2020, rupanya juga jadi model yang diminati konsumen pada tahun lalu.

“Di sisi lain, kita enggak lupa juga dengan mereka yang new entry, pengendara baru. Buktinya di kategori 125 cc, khususnya Gear yang baru keluar kemarin, sangat bisa diterima oleh konsumen,” ucap Antonius.

“Penjualan di setiap area naik semua. Jadi kita pede lah, bahwa konsumen sepeda motor ini bervariasi. Punya segmen masing-masing, punya kebutuhan terhadap sepeda motor masing-masing,” kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com