Update Harga SUV Murah Januari 2022, Cuma XL7 yang Masih Bertahan

Kompas.com - 08/01/2022, 14:02 WIB
All New Honda BR-V KOMPAS.com/STANLY RAVELAll New Honda BR-V

JAKARTA, KOMPAS.com - Dengan kondisi diskon pajak 100 persen yang belum berlanjut sampai saat ini, memasuki Januari 2022 sudah ada penyesuaian harga yang dilakukan agen pemegang merek (APM).

Salah satunya pada segmen low sport utility vehicle (LSUV) atau SUV murah yang sebelumnya menikmati relaksasi PPnBM layaknya, Rocky, Terios, Rush, Raize, XL7, dan HR-V 1.5.

Dari pantau redaksi, sejauh ini baru Honda, Toyota, dan Daihatsu yang sudah melakukan revisi harga produk SUV murahnya.

Sementara Suzuki dengan XL7, dari pantauan redaksi sampai saat ini masih bertahan dengan banderol yang sama di Desember 2021 lalu.

Baca juga: Silau Saat Berkendara, Mobil Hantam Pemotor hingga Jatuh dari Flyover

Toyota mengerek harga Raize mulai dari Rp 23 sampai Rp 30 jutaan. Harga termurah mobil kembaran Rocky ini dipasarkan dari 225,95 juta sampai Rp 297,45 juta.

Toyota Raize GR SportKompas.com Toyota Raize GR Sport

Demikian juga untuk Rush. Varian bawah yang sebelumnya ditawarkan sebesar Rp 245, 5 juta, naik Rp 29 jutaan menjadi Rp 275,23 juta.

Honda HR-V 1.5L juga mengalami perubahan harga pada tiap varian yang disajikan. Untuk versi terendah yang sebelumnya di bawah Rp 300 juta, kini tembus hingga Rp 340,9 juta, dan model tertingginya jadi Rp 398,9 juta.

Sementara All New BR-V juga naik Rp 3 juta, namun hal tersebut bukan karena PPnBM, melainkan penyesuaian pajak emisi dan VIN 2022. Karena sejak pertama Honda mengumumkan harga memang sudah tak menggunakan skema diskon pajak.

XL7Bank Kanchanavilai XL7

Daihatsu Rocky juga demikian, banderolnya naik di tiap varian dengan harga terendah kini dipasarkan dari Rp 199,6 juta dari sebelumnya Rp 178,9 juta. Sementara untuk Terios, dijual dari Rp 227,6 sampai Rp 282,2 juta.

Baca juga: Harga Daihatsu Rocky Turun Tipis, Ini Penjelasannya

Meski sudah mengalami kenaikan, namun para APM berharap pemerintah kembali memutuskan soal perpanjangan diskon pajak agar memberikan stimulus bagi pasar.

Honda HR-V 1.5 IIMS Hybrid 2021KOMPAS.COM/STANLY RAVEL Honda HR-V 1.5 IIMS Hybrid 2021

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.