Hati-hati, Marak Terjadi Pencurian Modus Pecah Kaca Mobil

Kompas.com - 08/01/2022, 12:35 WIB
Ilustrasi memecahkan kaca mobil shutterstockIlustrasi memecahkan kaca mobil

JAKARTA, KOMPAS.com - Aksi pencurian bermodus pecah kaca mobil kembali terjadi di Ciledug, Tangerang.

Kejadian bermula saat lelaku bernama Devie memarkirkan mobilnya di pinggir Jalan Raden Fatah, Ciledug, Tangerang.

Saat itu dirinya hendak berkunjung ke rumah kekasihnya yang berada tak jauh dari lokasi parkir. Namun setelah kembali ke lokasi parkir, Devie mendapati kaca mobil sebelah kirinya pecah.

“Enggak sampai satu menit menjebol kaca mobil buat ambil barang-barang. Laptop sama totebag isinya barang pribadi. Tapi belum ingat isinya apa saja,” ucap Devie, dikutip dari Kompas.com, Sabtu (8/1/2022).

Baca juga: Ambulans Terbakar Langsung Dipadamkan, Ini Pentingnya Bawa APAR

Pemilik kendaraan memang harus ekstra waspada ketika parkir di mal, pinggir jalan, rest area atau tempat terbuka lainnya. Pasalnya, modus pencurian dengan memecahkan kaca saat ini mulai marak terjadi.

Ada salah satu cara yang bisa dilakukan agar terhindar dari modus pencurian tersebut.

Head Product Improvement/EDER Dept Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Bambang Supriadi mengatakan, ketika parkir kaca samping paling tidak dibuka satu sentimeter. Agar sirkulasi udara, dan kaca menjadi tidak mudah dipecahkan oleh pecahan busi.

pasang kaca filmKompas.com/Fathan Radityasani pasang kaca film

“Memang bisa mengurangi resiko pencurian, namun bukan menghindari. Karena dengan turunnya sedikit kaca, maka ruangan dalam tidak kedap sehingga dibutuhkan tenaga yang lebih besar untuk pecahkan kaca mobil,” ujar ucap Bambang.

Namun, menurut Bambang, hal itu tergantung juga pada seberapa kencang dan tajam benda yang digunakan oleh pencurinya. Maka dari itu, Bambang menyarankan pemilik mobil sebaiknya melakukan beberapa tindakan pencegahan agar tidak terjadi hal tersebut.

Baca juga: Syarat dan Biaya Lengkap Urus Mutasi Kendaraan Bermotor

“Preventifnya bisa dengan memasang kaca film, dan memastikan tempat parkirnya di tempat yang aman atau ada penjaganya. Selain itu, jangan lupa untuk selalu membawa barang-barang berharga saat keluar mobil, meskipun hanya sebentar,” ucapnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.