Selain Hatchback, Ini Mobil yang Disukai Pengemudi Wanita

Kompas.com - 06/01/2022, 16:02 WIB
Ilustrasi pengemudi mobil di jalan. UNSPLASH/takahiro taguchiIlustrasi pengemudi mobil di jalan.

JAKARTA, KOMPAS.com - Pengemudi wanita umumnya lebih tertarik dengan mobil hatchback, karena ukurannya yang kecil dan proposional. Selain itu, mobil kecil ini mudah diajak bermanuver khususnya di area parkir dan di tengah kemacetan kota.

Mobil hatchback juga memiliki fitur yang cukup lengkap walaupun berukuran kecil. Fitur entertainment seperti audio layar sentuh, dan remote apps yang dapat dioperasikan melalui smartphone, semua sudah tersedia pada mobil hatchback.

Namun, ternyata saat ini minat pengendara wanita tidak terbatas pada hatchback saja. Customer Satisfaction & Marketing Communication Head Auto2000 Tantri mengatakan bahwa sekarang, model mobil yang dipilih oleh konsumen wanita sudah mulai beragam.

Baca juga: Merah, Warna Favorit Pengemudi Wanita

"Pelanggan wanita sekarang cerdas dan memahami fungsi kendaraan. Misal, ada yang memilih SUV seperti Raize, Rush, bahkan Fortuner, lebih karena merasa aman di jalan yang kondisinya kurang bersahabat bagi pengendara," tulisnya pada Kompas.com, Selasa (4/1/2022).

Mobil di segmen Sport Utility Vehicle (SUV) memiliki ukuran yang jauh lebih besar ketimbang hatchback. Selain itu, jarak antara bodi mobil dengan tanah (ground clearance) menjadi lebih lebar.

Ukuran ban mobil SUV yang lebih besar juga dapat meredam guncangan yang diakibatkan oleh jalan berlubang.

Salah satu kelebihan yang ditawarkan oleh mobil jenis ini adalah posisi mobil yang tinggi. Ini memberikan jarak pandang yang lebih luas untuk pengemudinya, sehingga keadaan jalanan dapat terlihat dengan lebih jelas.

Tampilan belakang SUV baru, All New Isuzu Mu-X 1.9 Diesel di GIIAS 2021.KOMPAS.com/M Fathan Radityasani Tampilan belakang SUV baru, All New Isuzu Mu-X 1.9 Diesel di GIIAS 2021.

Baca juga: Mengapa Pengemudi Wanita Kini Lebih Gemar dengan SUV

Founder Ladies Car Community, Fetrine, mengatakan bahwa SUV terasa lebih aman dan menantang saat dikendarai.

"Rata-rata perempuan kalau mengendarai mobil suka tidak memperhitungkan jalan, dan sering melakukan rem mendadak jika ada jalan yang kurang bagus atau kejadian yang tidak diinginkan. Nah, pada mobil SUV lebih minim rasanya," ujar Fetrine saat dihubungi Kompas.com, Kamis (6/1/2022).

Hal ini membuat mobil jenis SUV terasa lebih aman, khususnya jika dipakai untuk mengarungi jalanan yang kurang baik kondisinya.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.