Kompas.com - 04/01/2022, 14:42 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Meski sudah diperkenalkan sejak awal 2019, Honda belum menjual PCX Electric untuk umum. Skuter listrik itu masih ditawarkan pakai sistem sewa ke perusahaan.

Honda sebelummya pernah berujar bahwa jika ingin tren motor listrik cepat diserap di masyakarat maka perlu menggunakan sistem tukar pakai baterai atau swap battery.

Thomas Wijaya, Direktur Marketing Astra Honda Motor (AHM) mengatakan, saat ini pihaknya sedang studi apakah perlu membangun infrastruktur swap baterai sendiri atau berkolaborasi.

Baca juga: Harga Motor Trail dan Adventure Januari 2022

Penukaran baterai Honda PCX Electric bisa dilakukan di AlfamartDonny Dwisatryo Priyantoro Penukaran baterai Honda PCX Electric bisa dilakukan di Alfamart

 

Untuk diketahui saat ini beberapa perusahaan swasta sudah mulai menjajaki bisnis infrastruktur swap baterai. Di mana motor listrik bisa menukar baterai di mini market.

"Kita lagi studi bareng, studi tadi itu sampai ke sistem swap baterainya, kita pelajari apakah kita perlu bangun sendiri ataukah bisa berkolaborasi dengan yang ada," kata Thomas menjawab Kompas.com, akhir tahun lalu.

Thomas mengatakan, tapi selain soal infrastrukur baterai ada hal yang juga tidak kalah penting yaitu spesifikasi baterai itu sendiri.

Thomas mengatakan, di tingkat global spesifikasi mengenai baterai dan bagian elektrifikasi kendaraan listrik untuk roda dua sudah punya standar sendiri yaitu UN R136.

Baca juga: Rumors Kemunculan Honda Dax 125 Makin Dekat

Honda PCX Electric mulai tes uji coba layanan GoRideKOMPAS.com/Gilang Honda PCX Electric mulai tes uji coba layanan GoRide

"Tapi tentu begini, apakah nanti berkolaborasi ataupun sendiri, standar global mesti terpenuhi yaitu UN R136. Itu benar-benar standar keselamatan untuk baterai," katanya.

Menurut Thomas, dalam standar tersebut sebuah baterai harus diuji sebelum dipasarkan. Baik uji jauh, uji tekanan, sampai uji panas.

"Contoh jatuh, itu banyak tesnya dan luar biasa. Jatuh terus dibakar dalam kondisi panas dan juga api, itu banyak standar safety global yang menurut kami perlu diikuti," katanya.

Baca juga: Pemula, Belajar Menyetir Mobil Jangan di Dalam Kompleks

Honda PCX ListrikKOMPAS.com / Aditya Maulana Honda PCX Listrik

"Baterai mengandung lithium. Panasnya, dan tahan apinya," ungkap Thomas.

Untuk itu lanjutnya, Honda berkordinasi dengan pemerintah dalam hal ini Kementerian Perhubungan soal bagaimana standar tes batarai kendaraan listrik termasuk motor listrik.

"Itu yang kita lihat masih belum terlihat, bagaimana testing standar. Ya kita masih berkoordinasi dengan pemerintah, berkolaborasi juga bagaimana bersama-sama," ungkapnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.